MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Mukh., Yasir Bahar (2021) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUKH. YASIR BAHAR_MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen mutu pendidikan merupakan jasa yang diberikan oleh pihak penyelenggra pendidikan dalam hal ini adalah sekolah kepada siswa. Kualitas layanan pendidikan bermutu tidak terlepas dari manajemen mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Kepala madrasah sebagai leader memegang kendali dan peran penting dalam meningkatkan layanan pendidikan bermutu. Manajemen mutu pendidikan meliputi beberapa hal diantaranya, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam menyelenggrakan layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana Manajemen mutu pendididikan di MA Minhajut Tholabah Bukateja Purbalingga. Penelitian menggunakan pendektan kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen mutu pendididikan di MA Minhajut Tholaba melakukakan beberapa cara, pertama Mengoptimalkan kualitas tenaga pendidik melalui pendidikan dan pelatihan profesi, pembinaan guru melalui workshop dan seminar-seminar pendidikan. Kedua, kepala madrasah memprogramkan madrasah science berbasis riset agar siswa-siswi terbiasa dengan karya dan penelitian ilmiah, selain itu juga ada standarisasi kemampuan siswa-siswi dalam bahasa Inggris dan kemampuan membaca kitab kuning. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara umum Manajemen mutu pendididikan di MA Minhajut Tholabah tergolong baik. Namun kepala madrasah hendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan melakukan pengawasan dan evaluasi berkala pada semua bagian bidang kerja di MA Minhajut Tholabah seperti, bagian administrasi kurikulum dan waka kurikulum, waka sarpras, waka kesiswaan, dan waka humas dan ketenagakerjaan. Kata kunci : Manajemen kepala madrasah, layanan pendidikan bermutu,Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Mukh. Yasir Bahar
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:00
Last Modified: 28 Oct 2021 22:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item