PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENGHASILAN SELEB APLIKASI TikTok (Studi Kasus Di Banjarnegara)

Puspa, Marini (2021) PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENGHASILAN SELEB APLIKASI TikTok (Studi Kasus Di Banjarnegara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri.

[img]
Preview
Text
PUSPA AMRINI_PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGHASILAN SELEB TikTok (Studi Kasus di Banjarnegara).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENGHASILAN SELEB APLIKASI TikTok (Studi Kasus di Banjarnegara) ABSTRAK PUSPA MARINI 1617301131 Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri Pada masa sekarang banyak publik figur atau selebriti yang memanfatkan popularitasnya sebagai jalan untuk menyewakan jasa dalam mempromosikan produk. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah endorsment, sistem endorsment merupakan salah satu strategi pemasaran yang belakangan ini banyak digunakan para pembisnis. Tetapi tidak semua seleb memperhatikan transaksi yang mereka lakukan, apakah sudah sesuai dengan hukum secara Islam atau belum, banyak dari mereka melakukan transaksi hanya memperhatikan keuntungan, bahkan banyak dari mereka kurang memperhatikan sah tidaknya transaksi tersebut. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk meneliti bagaimana proses adanya sistem transaksi dalam kerjasama antara produsen dengan seleb aplikasi TikTok, yang berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah. Penelitian yang peneliti kaji merupakan penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung untuk mendapatkan data-data lapangan dari sumber mengenai mekanisme pemberian jasa pada seleb aplikasi TikTok. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu kualitatif deduktif, kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deduktif baik tertulis maupun lisan dari para seleb aplikasi TikTok. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan normatif dan empiris. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa akad yang digunakan oleh produsen dengan seleb aplikasi TikTok yaitu akad ijarah. Proses kerjasama yang dilakukan oleh produsen dan seleb aplikasi TikTok merupakan bentuk kerjasama menyewa jasa seleb aplikasi TikTok dalam mempromosikan produknya. Tujuannya agar produk dari masing-masing produsen lebih banyak dikenal orang dan mengundang banyak ketertarikan konsumen untuk membelinya. Dalam tahapan untuk mencapai syarat sah berakad, diharuskan terpenuhinya rukun dan syarat akad ijarah. Sehingga kerjasama yang dilakukan antara Produsen dan Seleb Tiktok untuk memperoleh penghasilan telah sesuai dengan rukun dan syarat akad ijarahnya. Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Ijarah, Hukum Ekonomi Syari’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syari’ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Puspa Marini
Date Deposited: 27 Oct 2021 09:12
Last Modified: 27 Oct 2021 09:12
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item