MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Laksana Baru Swalayan, Majenang, Cilacap, JATENG)

Mika Puji Lestari, 102323043 (2016) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Laksana Baru Swalayan, Majenang, Cilacap, JATENG). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MIKA PUJI LESTARI_102323043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Laksana Baru Swalayan merupakan salah satu swalayan yang memiliki visi dan misi mengembangkan ekonomi masyarakat. Dalam Laksana Baru Swalayan, diperlukan adanya manajemen untuk menjalankan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satunya adalah manajemensumberdayamanusia (MSDM) yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu mengingat pentingnya sumber daya manusia (SDM), perusahaan melakukan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan demi tercapainya kinerja yang diharapkan. Dengan kinerja karyawan diharapkan dapat memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kinerja dan kemajuan Laksana Baru Swalayan. Menurut teoriSudarmantodalambukunya “KinerjadanPengembanganKompetensi SDM” aspek yang berkontribusi terhadap kinerja diantaranya; kompetensi, budaya organisasi, sistem penghargaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi MSDM dalam meningkatkankinerja di Laksana Baru Swalayan? Dan bagaimana implementasi MSDM dalam meningkatkankinerja perspektif ekonomi Islam di Laksana Baru Swalayan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi lapangan (field research) dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan; MSDM Laksana Baru Swalayan Majenang-Cilacap sudah sesuai dengan teori Sudarmanto, hanya saja masih ada item-item yang belum dilaksanakan. Pertumbuhan usaha semakin meningkat, karena konsistensinya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan yang selalu mengutamakan pelayanan, berikutnya pemilik Laksana Baru Swalayan dalam menjalankan usahanya memiliki tujuan mulia yaitu mengembangkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan di bidang pendidikan dengan menyisihan sebagai keuntungan Laksana Baru. Implementasi nilai-nilai Islam dari MSDM khususnya membentuk SDM yang kompeten, menerjemahkan visi misi dalam budaya organisasi dan memotivasi karyawan dengan sistem penghargaan yang adil. Kata kunci: MSDM, Kompetensi, Budaya Organisasi, Sistem Penghargaan, Kinerja, Laksana Baru Swalayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:55
Last Modified: 08 Jun 2016 01:55
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item