Sinergitas Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Desa Selarang (Studi di Pasar Panggok Desa Selarang, Kesugihan, Cilacap)

Pramita, Wijayanti (2021) Sinergitas Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Desa Selarang (Studi di Pasar Panggok Desa Selarang, Kesugihan, Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pramita Wijayanti_Sinergitas Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Desa Slarang Perspektif Maslahah Mursalah(Studi di Pasar Panggok Desa Slarang, Kesugihan, Cilacap).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pasar Panggok Desa Slarang, Cilacap merupakan keluaran produk ide-ide dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Slarang yang bekerja sama baik dengan pihak desa, masyarakat dan Karang Taruna yang memanfaatkan sumber daya manusia. Pasar Panggok Slarang ini adalah tempat wisata kuliner dalam bentuk pasar tradisional berupa panggok-panggok yang terbuat dari bambu di setiap lapak-lapak pedagangnya dengan khas pedesaan yang menawarkan makanan dan jajanan khas daerah dengan harga yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergitas pemerintah desa dan lembaga desa dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat Desa Slarang, mengetahui analisis swot terhadap strategi pengembangan Pasar Panggok, serta mengetahui pemberdayaan Pasar Panggok Desa Slarang perspektif maṣlaḥah mursalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode penelitian normatif empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan sosiologi hukum. Tempat penelitian berada di Desa Slarang, Kesugihan. Subjek penelitian ini yaitu narasumber atau informan seperti perangkat Desa, Ketua Karang Taruna, Ketua BUMDes Slarang, para penjual makanan di pasar panggok, para pembeli dan masyarakat setempat. Sedangkan objek penelitiannya yaitu Pasar Panggok Slarang. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dan analisis undang-undang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu internet searching, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan berbagai alternatif strategi yang layak dalam pengembangan Pasar Panggok. Pasar Panggok diresmikan pada tanggal 28 Juli 2019 dengan pedagang yang awalnya 20, kini berkembang pesat dengan total pedagang yang berjualan menjadi 80. Penelitian menunjukan, bahwa hasil dari sinergitas pemerintah desa dan lembaga desa dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di Desa Slarang yaitu dapat membantu mengatasi permasalahan ekonomi di desa, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, angka pengangguran bisa diturunkan, membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membantu pemerataan pembangunan, menciptakan peluang lapangan kerja baru. Di dalam hukum Islam, keberadaan pasar panggok termasuk ke dalam lingkup metode ijtihad maṣlaḥah mursalah, karena berkaitan dengan kemaslahatan pada permasalahan baru yang tidak disebutkan dalil kebolehan atau penolakannya dalam nash. Keberadaan Pasar Panggok juga sejalan dengan maṣlaḥah mursalah yang mengutamakan kemaslahatan masyarakat kelompok yang terabaikan lainnya, didukung agar mampu meningkatkan kesejahteraannya secara mandiri. Kata Kunci: Peranan, Pemberdayaan Masyarakat, Maṣlaḥah Mursalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pemberdayaan Masyarakat, Maṣlaḥah Mursalah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.22 Sistem Pemerintahan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Paramita Wijayanti sdri
Date Deposited: 20 Oct 2021 17:51
Last Modified: 20 Oct 2021 17:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item