POLA ASUH PADA ANAK USIA DINI OLEH KELUARGA PRASEJAHTERA DI DESA KRETEK KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Rokhmah, Danti (2021) POLA ASUH PADA ANAK USIA DINI OLEH KELUARGA PRASEJAHTERA DI DESA KRETEK KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ROKHMAH DANTI_Pola asuh pada anak usia dini pada keluarga prasejahtera di desa kretek kecamatan paguyangan kabupaten brebes.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Pola asuh merupakan sebuah proses tindakan dan interaksi antara anak dan orangtua. Proses dimana kedua pihak saling mengubah satu sama lain saat anak tumbuh menjadi sosok dewasa. Pola asuh orangtua merupakan pola perilaku yang diterapkan pada anak bersifat relative konsisten dari waktu ke waktu. Pola perilaku ini disarankan oleh anak, dari segi negative maupun positif. Pola asuh yang dilakukan setiap keluarga berbeda, hal ini tergantung pandangan setiap orangtua. Pola pengasuhan anak yang dilakukan oleh keluarga prasejahtera memunculkan beberapa dampak misalnya kurangnya kedisiplinan anak karena sifat kebebasan orangtuanya. Rendahnya prestasi akademik anak karena kurangnya dukungan motivasi dari orangtua. Penelitian ini dilakukan di desa Kretek Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes bertujuan untuk menganalisis secara jelas dan mendalam tentang pola asuh pada keluarga prasejahtera. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi banding yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh keluarga prasejahtera di Desa Kretek masih menggunakan pola asuh otoriter. Pola asuh ini orangtua menggunakan penjadwalan kepada anak. Penjadwalan disini adalah cara orangtua memberikan kegiatan sehari-hari dari bangun tidur, makan, bermain sampai tidur malam. Karena dalam pola asuh ini orangtua hanya mengandalkan memberikan ekonomi yang seadanya, ketika orangtua mempunyai uang sedikit maka yang diberikan makan dan kebutuhan sehari-harinya sedikit. Orangtua juga tidak terlalu memberikan pendidikan yang tinggi kepada anak. Anak rata-rata hanya lulusan SMK, setelah itu kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, anak usia dini, keluarga prasejahtera.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rokhmah Danti
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:22
Last Modified: 21 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item