KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM KITAB TA'LῙM AL-MUTA'ALLIM KARYA AZ- ZARNUJI

Nurul, Ulfa Amelia (2021) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM KITAB TA'LῙM AL-MUTA'ALLIM KARYA AZ- ZARNUJI. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL ULFA AMELIA_KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM KITAB TA'LIM AL-MUTA'ALLIM KARYA AZ-ZARNUJI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan peserta didiknya. Tugas dan peran seorang guru yang sangat besar membuat guru harus mempunyai berbagai macam kompetensi. Pribadi guru akan menjadi sebuah penentu dalam setiap keberhasilan pendidikan pesertadidik. Kepribadian juga yang akan menjadi sebuah penentu apakah seorang guru akan menjadi pendidik dan pembina yang baik, atau justru sebaliknya. Memiliki kompetensi kepribadian yang baik bagi guru memang sangatlah penting. Az-Zarnuji merupakan tokoh yang terkenal dengan karyanya yaitu kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim yang sampai saat ini masih sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan kepribadian guru. Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini mengambil rumusan masalah bagaimana konsep kompetensi kepribadian guru dalam kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim karya Az- Zarnuji?. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kompetensi kepribadian guru menurut kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim karya Az-Zarnuji. Karena dalam kitab tersebut terdapat kriteria akhlak dan kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dari situ peneliti harap ada atau tidak kesamaan konsep kompetensi kepribadian guru menurut Az-Zarnuji dengan kompetensi guru pada masa kini yang didasarkan pada Permendiknas No 16 Tahun 2007. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan data sumber kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi). Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research atau yang biasa disebut penelitian kepustakaan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru menurut kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim karya Az-Zarnuji yaitu: 1) Ikhlas, 2) Tawadhu’, 3) Takwa, 4) Alim, Wara’, dan Lebih Tua, 5) Berwibawa, Lembut dan Penyabar, 6) Sungguh-sungguh, 7) Kasih Sayang, 8) Pemberi Nasihat, dan 9) Tidak Iri/ Dengki. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi kepribadian guru secara lebih mendalam agar dapat dijadikan acuan guru saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian Guru, Kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nurul Ulfa Amelia
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:55
Last Modified: 14 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item