NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM NUSSA DAN RARA SEASON 2

CHOERUL, FAHMI (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM NUSSA DAN RARA SEASON 2. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choerul Fahmi_Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Nussa dan Rara Season 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting membentuk kepribadian dan karakter bangsa. Akan tetapi, dewasa ini banyak terjadi permasalahan karakter yang melanda masyarakat, utamanya generasi muda. Isu dekadensi moral yang banyak terjadi, membuat masyarakat Indonesia banyak melupakan karakter bangsa yang menjadi identitasnya. Oleh karena itu, nilai-nilai pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan kecanggihan teknologi, proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memanfaatkan media film. Keberadaan media film akan membantu proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di masyarakat, khususnya pada anak-anak dan remaja yang gemar menonton film. Salah satu film animasi yang digemari adalah film animasi buatan Indonesia yang berjudul “Nussa” yang ditayangkan di youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini berfokus pada 6 episode dalam film animasi Nussa dan Rara yang terdapat pada musim kedua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yaitu menganalisis isi dialog tokoh, setting, dan kejadian/peristiwa yang terdapat dalam film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat 11 nilai, yaitu: nilai karakter religius, nilai karakter jujur, nilai karakter toleransi, nilai karakter kreatif, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter semangat kebangsaan, nilai karakter menghargai prestasi, nilai karakter bersahabat/komunikatif, nilai karakter peduli lingkungan, nilai karakter peduli sosial, dan nilai karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, film Nussa dan Rara Season 2
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Choerul Fahmi sdr
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:32
Last Modified: 13 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item