PENGUATAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PROFETIK MELALUI ORGANISASI SANTRI MAHASISWA (OSMA) DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

PURWATI, NURFAUZIAH (2021) PENGUATAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PROFETIK MELALUI ORGANISASI SANTRI MAHASISWA (OSMA) DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Other (PENGUATAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PROFETIK MELALUI ORGANISASI MAHASIWA (OSMA) DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS)
PURWAT~1.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penguatan nilai-nilai kepemimpinan profetik merupakan sifat-sifat yang dimiliki nabi yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin baik di lembaga formal maupun non formal. Pesantren sebagai tempat yang tepat untuk menerapkan kepemimpinan profetik. Penelitian ini membahas tentang penguatan nilai-nilai kepemimpinan profetik di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data peneliti menggunakan metode observasi wawancara mendalam terhadap subjek penelitian dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penguatan nilai-nilai profetik melalui organisasi santri mahasiswa (OSMA) dengan dimensi kenabian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan deskriptif kualitatif. Dalam metode pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penguatan nilai-nilai kepemimpinan profetik ini didasarkan pada multi dimensi seseorang secara integratif praktis dalam kegiatan osma pesantren dalam mengacu pada 4 sifat profetik atau nabi yakni 3 pilar profetik yaitu transendensi, humanisasi, dan liberasi. Adapun nilai-nilai yang diterapkan antara lain: 4 sifat profetik yaitu shiddiq, tabligh, amanah, fathanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Kepemimpinan Profetik, Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Purwati Nurfauziah sdri
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:42
Last Modified: 11 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item