EFEKTIVITAS E-COURT DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA UNTUK MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DI PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO

Wahyu, Aida Nahar (2021) EFEKTIVITAS E-COURT DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA UNTUK MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DI PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WAHYU AIDA NAHAR_EFEKTIVITAS E-COURT DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Peradilan di Indonesia menganut asas Containe Justice atau asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Tetapi kenyatannya peradilan di Indonesia mengalami beban yang terlalu padat, lambat dan biaya mahal, sehingga Mahkamah Agung melakukan pembaharuan dengan diluncurkannya layanan sistem elektronic court (e-Court) yang diatur dalam Perma Nomor 3 Tahun 2018 yang kemudian di cabut dan disempurnakan dengan Perma Nomor 1 Tahun 2019. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas e-Court dalam penyelesaian perkara perdata dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami Pengadilan Negeri Purwokerto dalam menerapkan e-Court. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field Study). Pendekatan yang digunakan yuridis-normatif, dimana hukum dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan atau hukum sebagai patokan berperilaku hidup manusia. Metode pengumpulan data dengan cara kepustakaan dan wawancara. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan e-Court di Pengadilan Negeri Purwokerto jika diukur berdasarkan indikator teorinya Soerjono Soekanto dan Lawrence M Frieman, maka e-Court sudah memenuhi indikator yang telah di tentukan keduanya dan dari ruang lingkup e-Court sudah berjalan dengan baik di Pengadilan Negeri Purwokerto sehingga sudah dapat dikatakan efektif untuk mewujudkan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Dan untuk Kendala-kendala yang dialami oleh Pengadilan Negeri Purwokerto dalam menerapkan e-Court, yaitu pada pengguna lain yang gaptek, adanya gangguan jaringan untuk mengoperasikan e-Court lemah, adanya gangguan waktu melakukan pembayaran panjar biaya, kurang adanya sosialisasi secara langsung, dan masalah perbaikan sistem, perlahan-lahan kendala tersebut sudah dapat diatasi. Kata Kunci : Efektivitas e-Court, perkara perdata, asas peradilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas e-Court, perkara perdata, asas peradilan.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Wahyu Aida Nahar sdri
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:19
Last Modified: 07 Oct 2021 21:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item