NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER

Sisi, Setianingrum (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sisi Setianingrum_Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai sebuah proses panjang memiliki tujuan yang sangat mulia. Transfer knowledge and value menjadi bagian penting dalam pendidikan. Berbagai strategi dan metode pun bermunculan untuk menunjang proses tersebut agar memberikan hasil yang maksimal demi mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Terutama pada pendidikan akhlak atau pendidikan karakter yang saat ini terus dimasifkan gerakannya. Pasalnya, banyak kasus-kasus kurang sedap seputar dunia pendidikan yang masih sering bermunculan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan kita belum sepenuhnya berhasil dalam mencapai tujuan. Masih banyak yang perlu dibenahi bersama, strategi dan metode pembelajaran seperti apa yang seharusnya diterapkan baik dalam pendidikan formal, non formal, maupun informal. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu video film animasi Nussa dan Rara episode Adab Menguap, Jaga Amanah Part 1, Jaga Amanah Part 2, Stop! Jangan Berebut, dan Tolong dan Terimakasih. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa buku-buku, artikel, dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam lima episode film animasi Nussa meliputi akhlak kepada Allah yaitu mengucap istighfar, berdoa, husnudzan, dan ikhlas. Akhlak terhadap sesama yaitu jujur, amanah, etika meminta tolong, dan bertutur kata sopan. Adapun relevansinya terhadap pendidikan karakter adalah saling terkait, dimana pendidikan akhlak merupakan aspek spiritual dari pendidikan karakter yang dapat ditunjang dengan pemanfaatan film animasi Nussa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Film Animasi Nussa, Pendidikan Karakter
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Sisi Setianingrum
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:36
Last Modified: 07 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item View Item