UPAYA PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN BAGI SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

Shobir, Khusni m (2021) UPAYA PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN BAGI SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DARUSSALAM. Skripsi thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
ABstrak.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shobir Khusni M_Upaya Pengasuh Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Bagi Santri Baru Pondok Pesantren Darussalam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’ān adalah firman Allah yang bersifat al-mu’jiz (mukjizat), diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, bi wasithah (dengan perantara) al-Amin Jibril ‘alaihi as-salam, al-maktub fi al-mashahif (ditulis di mushafmushaf), diriwayatkan kepada kita dengan mutawatir, bernilai ibadah membacanya, al-Mabdu’ bi Surah al-Fatihah (dimulai dengan Surat al-Fatihah) dan al-Mukhattam bi Surah an-Nas (ditutup dengan Surat an-Nas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana upaya pengasuh dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’ān bagi santri baru Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya pengasuh dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’ān bagi santri baru Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengasuh untuk meningkatkan kemampaun membaca al-Qur’ān bagi santri baru. Berdasarkan Hasil Penelitian, dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh pengasuh dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’ān Bagi santri baru yaitu dengan metode sorogan yang didalamnya terdapat penerapan teknik klasikal membaca dan menyimak murni yang dimana antara pengasuh/ustadz dan santri saling bertatap muka secara langsung. Selain menggunakan metode sorogan pengasuh/ustadz juga menggunakan metode yang lain yaitu iqro’ dan musyrif (ketua kamar), karena dalam mengajar seorang pengasuh/ustadz harus memiliki sifat kreatifitas baik dalam hal menyampaikan maupun pendekan terhadap santri. Pengasuh/ustadz juga memberikan tugas kepada santri baru yang bertujuan sebagai penunjang kegiatan belajar dalam hal membaca al-Qur’ān. Pemberian tugas kepada santri baru tidak hanya dilakukan didalam kelas tetapi diluar kelas juga diberikan. Upaya pengasuh dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’ān bagi santri baru, selain dari faktor pengasuh/ustadz juga ada faktor lain yang dapat menjadikan seorang santri itu memiliki kemampuan membaca al-Qur’ān yang baik, yaitu faktor pendukung dari orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pengasuh, Kemampuan Membaca al-Qur’ān Santri Baru
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.08 Sejarah dan deskripsi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SHOBIR KHUSNI MUBAROK sdr
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:34
Last Modified: 07 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

View Item View Item