NILAI - NILAI NASIONALISME DALAM FILM BATTLE OF SURABAYA DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI

Muhammad, Ade Saputra (2021) NILAI - NILAI NASIONALISME DALAM FILM BATTLE OF SURABAYA DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Ade Saputra.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sekarang ini turunnya nasionalisme telah menjadi masalah di masyarakat Indonesia khususnya generasi muda yang mulai kehilangan rasa nasionalismenya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya globalisasi yang mulai menjalar luas dikalangan masyarakat. Masalah ini harus diantisipasi dengan serius, salah satu solusinya adalah melalui film animasi yang mengandung nasionalisme. Film Battle of Surabaya merupakan sebuah film yang mengandung nilai-nilai nasionalisme dan sesuai untuk kalangan anak SD/MI karena ber-genre animasi dan berlatarbelakang sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam film Battle of Surabaya, dan untuk mendeskripsikan lebih jauh terkait relevansi nilai-nilai nasionalisme yang ada dalam film Battle of Surabaya pada anak SD/MI. Pada prakteknya, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yang berupa video film Battle of Surabaya dan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, artikel dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat penulis. Data yang sudah terkumpul kemudian dipilih, diidentifikasi serta diklasifikasikan untuk kemudian dilakukan analisis data. Terkait metode analisis data yang digunakan penulis yaitu metode analisis isi (content analysis). Jenis metode analisis isi ini nantinya penulis gunakan dalam upaya untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai nasionalisme yang terkandung didalam film Battle of Surabaya. Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pertama, nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam film Battle of Surabaya yaitu berani membela kebenaran dan keadilan; cinta tanah air; gemar melakukan kegiatan kemanusiaan dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan; menempatkan persatuan, kesatuan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan; menghargai nyawa orang lain; rela berkorban; sikap saling menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Kedua, nilai-nilai nasionalisme tersebut relevan dengan perkembangan dan pendidikan anak SD/MI, ditinjau dari perkembangannya, anak SD/MI mulai meniru/mengimitasi apa yang dia lihat, sehingga dengan menonton film Battle of Surabaya dapat memberikan dampak positif pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Nasionalisme, Battle of Surabaya, Anak SD/MI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ade Saputra sdr
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:30
Last Modified: 07 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11414

Actions (login required)

View Item View Item