OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI MELALUI ASUPAN GIZI SEIMBANG (STUDI KASUS ANAK USIA DINI DI RT 03/RW 01 DESA GUNUNGJATI KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL)

Uktufiya, Biki Nihayah (2021) OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI MELALUI ASUPAN GIZI SEIMBANG (STUDI KASUS ANAK USIA DINI DI RT 03/RW 01 DESA GUNUNGJATI KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Uktufiya Biki Nihayah_Optimlisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Melalui Asupan Gizi Seimbang (Studi Kasus Anak Usia Dini di RT 03 RW 01 Desa Gunungjati).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini melalui asupan gizi seimbang di Rt 03/ Rw 01 Desa Gunungjati Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti melakukan penelitian secara langsung untuk memperoleh informasi dan data sebanyak banyaknya. Menggunakan penyajian data secara deskriptif untuk menggambarkan secara rinci apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua dan anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini melalui asupan gizi seimbang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan cara : observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Maka orangtua harus memperhatikan serta menerapkan pedoman gizi yaitu antara lain: konsumsi makanan beraneka yang beneka ragam, konsumsi makanan dengan tujuan untuk mencukupi energi (nasi dijadikan makanan pokok karena mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai energi tubuh), membatasi konsumsi minyak dan lemak, menggunakan garam yang mengandung yodium (garam yang beryodium menghindarkan anak dari gondok) ,mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, minum air mineral secara rutin, membiasakan sarapan, berolahraga secara rutin, tidak memberikan makanan selainj asi kepada bayi hingga berusia 4 bulan. serta memperhatikan label pada kemasan makanan sebelum mengonsumsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Uktufiya Biki Nihayah
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:16
Last Modified: 04 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item