PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Ikhwani, Ikhwani (2021) PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ikhwani_Pembentukan Karakter Kemandirian Anak Asuh Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Daftar Isi_Bab1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada beberapa hal sebagai latar belakang. Pertama, bahwa karakter kemandirian adalah salah satu hasil akhir yang ingin diwujudkan melalui konsep pendidikan nasional. Kedua, kemandirian adalah sebuah karakter mulia bangsa yang sudah seharusnya dibangun. Ketiga, adanya fenemona krisis kemandirian yang tampak di masyarakat. Keempat, panti asuhan memiliki pengaruh yang penting dalam upaya menangani anak-anak yang mengalami masalah penelantaran, minim pengasuhan. Kelima, mengenai hak pengasuhan yang memadai, termasuk di dalamnya pembinaan dalam hal kemandirian yang dilaksanakan secara langsung oleh keluarga tidak semua anak dapat memperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis realisasi upaya pembentukan karakter kemandirian anak asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pekuncen Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Penelitian ini menemukan bahwa dalam upaya pembentukan karakter kemandirian anak asuh Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pekucen melaksanakannya dalam bentuk: 1) Perumusan konsep karakter kemandirian sebagai bagian tidak terpisah dari penanaman nilai-nilai ketaqwaan, 2) Upaya pembentukan karakter kemandirian melekat pada pembinaan harian, mencakup; pembinaan intelektual, pembinaan keagamaan, pembinaan pengkaderan, pembinaan ketrampilan, pengasuhan harian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, karakter, kemandirian, Anak Asuh.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ikhwani ikhwani
Date Deposited: 26 Sep 2021 17:05
Last Modified: 26 Sep 2021 17:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item