NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM FILM IQRO MY UNIVERSE KARYA IQBAL ALFAJRI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wahidah, Rakhmaning Tyas (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM FILM IQRO MY UNIVERSE KARYA IQBAL ALFAJRI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahidah Rakhmaning Tyas_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM FILM IQRO MY UNIVERSE KARYA IQBAL ALFAJRI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam integratif merupakan upaya pembinaan dan pengembangan potensi manusia yang sumbernya berdasar kepada Al-Qur’an dan Hadis dan bersamaan dengan hal tersebut agar tujuan kehadiran manusia di dunia ini sebagai hamba Allah dan sekaligus tugas khalifah Allah tercapai sebaik mungkin dengan menyatukan seluruh aspek-aspek dalam kehidupan secara utuh. Nilai-nilai pendidikan Islam integratif yang terkandung dalam film Iqro’ My Universe ini sangat bermanfaat bagi kehidupan jika kita menerapkannya secara holistik-integratif. Film ini juga sangat sesuai dalam merepresentasikan penerapan pendidikan Islam yang integratif kepada masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam integratif yang terkandung dalam film Iqro’ My Universe dan relevansinya terhadap materi pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas serta konsep integrasi ilmu yang disajikan dalam film Iqro’ My Universe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research yang bersifat deskriptif kualitatif. Kemudian metode analisis yang digunakan adalah metode analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam integratif yang terkandung dalam film Iqro’ My Universe karya Iqbal Alfajri ini meliputi nilai integrasi agama dan ilmu pengetahuan (sains), nilai integrasi agama dan sosial, nilai integrasi agama dan budaya, dan nilai integrasi agama dan ekonomi. Dan nilai-nilai pendidikan Islam integratif dalam film Iqro’ My Universe yang memiliki relevansi dengan materi pendidikan agama Islam di Sekolah Menegah Atas adalah nilai integrasi agama dan sains yang meliputi; pelajar muslimah yang mengikuti kompetisi sains, perjalanan ke luar angkasa dan peristiwa isra’ mi’raj, mencari ilmu demi menggapai ridho Allah SWT, nilai integrasi agama dan ilmu sosial yang meliputi; menolong teman yang terkena musibah, ilmu yang bermanfaat, dan nilai integrasi agama dan budaya yang meliputi; tradisi membangunkan sahur saat puasa ramadhan. Sementara itu konsep integrasi ilmu yang disajikan dalam film Iqro’ My Universe adalah integrasi antara agama dan sains. Dimana konsep ini menunjukkan kombinasi antara tema religi, keluarga, anak-anak, dan sains. Dengan konsep tersebut diharapkan dapat menyeimbangkan potensi antara iman dan takwa (imtak) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dimiliki manusia khususnya untuk para pelajar dan masyarakat luas pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam Integratif, film Iqro’ My Universe, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahidah Rakhmaning Tyas
Date Deposited: 23 Sep 2021 20:10
Last Modified: 23 Sep 2021 20:10
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item