STUDI KOMPARATIF TENTANG METODE IJTIHAD MAJELIS ULAMA INDONESIA DAN LEMBAGA BAHSUL MASAIL NAHDLATUL ULAMA MENGENAI HUKUM BAYI TABUNG

Asep, Mughni (2021) STUDI KOMPARATIF TENTANG METODE IJTIHAD MAJELIS ULAMA INDONESIA DAN LEMBAGA BAHSUL MASAIL NAHDLATUL ULAMA MENGENAI HUKUM BAYI TABUNG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ASEP MUGHNI_STUDI KOMPARATIF TENTANG METODE IJTIHAD MUI DAN LBM NU MENGENAI HUKUM BAYI TABUNG.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya umat islam dianjurkan untuk mempunyai keturunan, akan tetapi terdapat beberapa pasangan suami-isteri yang memiliki masalah dalam alat reproduksinya. Sementara itu, dengan teknologi modern persoalan tersebut dapat dicarikan solusi, dengan cara mengambil sperma pada laki-laki dan ovum pada perempuan, atau lebih dikenal dengan bayi tabung. Status hukum bayi tabung ini masih menimbulkan keraguan. Seperti Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama yang memiliki perbedaan dalam menghukumi bayi tabung. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis bertujuan mengetahui metode-metode apa saja yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama mengenai hukum bayi tabung. Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah normatif-sosiologis, yakni penelitian yang difokuskan pada kajian berbagai pemikir masa kini terkait bayi tabung dan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis isi (conten analysis) dan analisis komparatif. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa hukum bayi tabung itu boleh, tetapi metode dan dasar hukum yang digunakan kedua lembaga ini berbeda. Metode ijtihad yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia dalam menentukan hukum bayi tabung dalam fatwanya yaitu menggunakan metode manhaji dengan menggunakan dalil sadd ad-zari’ah. Sedangkan Metode ijtihad Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama dalam menetapkan hukum bayi tabung menggunakan metode qauli dan manhaji. Metode qauli yang merujuk kepada kitab-kitab empat madzhab dan manhaji menggunakan ilhaqul masail dan maqasyid syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode ijtihad Bayi Tabung, MUI, LBM NU
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.39 Aspek Munakahat lain (KB, Bayi tabung dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Asep Mughni sdr
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:35
Last Modified: 17 Sep 2021 03:35
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item View Item