IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL I-KURMA BANK BRI SYARIAH KCP PURBALINGGA DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN MIKRO UMKM MASA PANDEMI COVID-19

Rifqi, Soni Novianto (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL I-KURMA BANK BRI SYARIAH KCP PURBALINGGA DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN MIKRO UMKM MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rifqi Soni N_1717202043.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi Lembaga Keuangan khususnya Perbankan Syariah untuk menjaga eksistensi UMKM. Salah satu solusi untuk tetap menjaga eksistensi UMKM adalah bantuan keuangan kepada para pelaku UMKM melalui pembiayaan. Melihat hal itu, PT Bank BRI Syariah Tbk tanggap melakukan akselerasi pengembangan teknologi digital melalui sejumlah terobosan layanan dan inisiatif program. Salah satunya dengan penggunaan aplikasi i-Kurma untuk memproses pengajuan pembiayaan. Salah satu tujuan penggunaan aplikasi i-Kurma dalam penyaluran pembiayaan mikro UMKM adalah agar proses cepat dan terukur sehingga nasabah UMKM tetap bisa survive di tengah badai COVID-19. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi layanan digital i-Kurma dalam penyaluran pembiayaan mikro UMKM. Berdasarkan karateristik masalah yang diteliti penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan digital i-Kurma di Bank BRI Syariah KCP Purbalingga dalam memproses pembiayaan mikro UMKM dapat dikatakan sudah efektif. Dengan adanya aplikasi i-Kurma maka pihak perbankan khususnya tenaga mikro sudah memanfaatkan perkembangan teknologi dalam memproses pembiayaan mikro sehingga proses pencairan bisa lebih cepat. Selain itu, hadirnya aplikasi i-Kurma menjadi bukti kesiapan dari Bank BRI Syariah KCP Purbalingga dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan era digital. Kata Kunci: COVID-19, Aplikasi i-Kurma, Pembiayaan Mikro UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Aplikasi i-Kurma, Pembiayaan Mikro UMKM.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rifqi Soni Novianto
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:39
Last Modified: 17 Sep 2021 03:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item