MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS AINURROKHMAN DALAM MENGATASI MASALAH SOSIAL (STUDI DI KAMPUNG SRI RAHAYU DESA KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KAB BANYUMAS)

Zaenal, Aripin (2021) MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS AINURROKHMAN DALAM MENGATASI MASALAH SOSIAL (STUDI DI KAMPUNG SRI RAHAYU DESA KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KAB BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ZAENAL ARIPIN_MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS AINURROKHMAN.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Majelis Taklim adalah sebuah sebutan untuk lembaga pendidikan non-formal Islam yang memiliki kurikulum sendiri, diselenggarakan secara berkala dan teratur, dan diikuti oleh jamaah yang relatif banyak. Majelis Taklim berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata, yaitu majelis dan taklim. Majelis zaman sekarang tidak hanya mengajarkan ilmu agama namun ada juga yang mengajarkan ilmu sosial. Majelis Ainurrokhman adalah majelis yang berada di kawasan Kampung Sri Rahayu, majelis ini didirikan oleh Pak Bayu untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi. Dengan adanya Manajemen Dakwah yang baik dan diterapkan oleh majelis tersebut bisa merubah keadaan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Dakwah yang dilakukan di Majelis Ainurrokhman dalam mengatasi masalah sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis Field Research dimana dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pendiri dan pengurus, serta jamaah Majelis Ainurrokhman. Dengan mengacu ke teorinya George R. Terry tentang manajemen. Hasil penelitianya adalah Majelis Ainurrokhman merubah kepribadian masyarakat Kampung Sri Rahayu menjadi lebih baik. Adapun program yang dilaksanakan meliputi: (1) Program Keagamaan, (2) Program Pendidikan, (3) Program Kesehatan, dan (4) Program Ekonomi. Kata Kunci: Majelis Taklim, Manajemen Dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: ZAENAL ARIPIN sdr
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:39
Last Modified: 09 Sep 2021 08:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item