ANALISIS DAKWAH KONTROVERSI USTADZ ABDUL SHOMAD (Studi Kualitatif Analisis Respon Nettizen Terhadap Ceramah Kontroversial Ustadz Abdul Shomad di Jejaring Sosial Youtube Tentang Menghina Salib Yesus dan Menghina Nabi Muhammad SAW)

Ifah, Laeli nur rachma (2020) ANALISIS DAKWAH KONTROVERSI USTADZ ABDUL SHOMAD (Studi Kualitatif Analisis Respon Nettizen Terhadap Ceramah Kontroversial Ustadz Abdul Shomad di Jejaring Sosial Youtube Tentang Menghina Salib Yesus dan Menghina Nabi Muhammad SAW). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi dan informasi di indonesia berkembang seiring berjalannya waktu. Penggunaan media internetpun semakin berkembang dan meningkat. Pertumbuhan tersebut didukung oleh berkembangnya penggunaan perangkat mobile khususnya smartphone. Perkembangan teknologi tersebut tidak hanya berkembang di kota-kota besar saja namun juga suda merambah ke pedessaan. Internet tidak hanya digunakan sebagai media berinteraksi dan komunikasi namun juga sebagai media promosi untuk menawarkan sebuah produk dan menampilkan tren masa kini yang sedang berkembang. Salah satu bagian dari internet adalah media sosial. Penggunaan media sosial di dominasi oleh kalangan remaja yang merupakan seseorang yang sifatnya labih dan mudah tertarik dengan hal-hal yang baru. Penelitian ini berfokus pada media sosial khususnya youtube, yang semakin hari makin banyak diminati oleh semua kalangan. Baik itu individu maupun suatu kelompok, tidak memungkiri saat ini youtube sudah banyak digunakan untuk media berdakwah oleh para pendakwah di Indonesia, salah satunya Ustadz Abdul Shomad yang juga menggunakan media sosial youtube untuk membagi informasi keagamaan. Penulis mengangkat sebuah fenomena disalah satu akun youtube chanel dakwah Islam Ustadz Abdul Shomad yang ramai diperbincangkan dalam komentar-komentarnya karena menuai kontroversi dianggap menghina agama lain dan menghina Nabi. Dakwah merupakan kebutuhan psikologis bagi setiap orang, kesulitan mencari dan memahami keagamaan membuat banyak pengguna sosial media beralih menambah pengetahuan keagamaan menggunakan sosial media sebagai media belajar. Meski akan menimbulkan Pro dan Kontra karena memiliki penafsiran yang beragam dalam menerima informasi yang disebarkan. Dakwah kontroversial secara substansi dan tema mengedepankan sisi kelompok mayarakat yang tidak suka tanpa memberikan ruang untuk kelompok yang senang mengamalkannya. Dalam penelitiannya, penulis mengacu pada rumusan masalah “analisis pemaknaan netizen terhadap materi Dakwah Ustadz Abdul Shomad dan klarifikasi Ustadz Abdul Shomad terhadap pemaknaan netizen mengenai materi dakwahnya ” . Jenis penlitian ini adalah Analisis Kualitatif, data diperoleh melalui video dakwah beserta komentar-komentar netizen Ustadz Abdul Shomad dalam kanal media sosial youtube. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa netizen memiliki penafsiran yang beragam yang dapat menimbulkan dampak Pro dan Kontra antara netizen maupun dengan pendakwah itu sendiri. Penulis berharap kepada para netizen agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan lebih cermat dalam menyikapi suatu tayangan yang mereka tonton agar tidak menimbulkan perdebatan di kalangan netizen dan pendakwah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ifah laily nur
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:23
Last Modified: 04 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item