IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL EKS PSIKOTIK DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS MENTAL “MARTANI” KABUPATEN CILACAP

OTIK, PRIANA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL EKS PSIKOTIK DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS MENTAL “MARTANI” KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_OTIK PRIYANA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH_OTIK PRIYANA_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL EKS PSIKOTIK DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS MENTAL MARTANI KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan memegang peranan terhadap perkembangan kehidupan di masyarakat. Oleh karena itu, setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Pendidikan tidak hanya diperuntukkan bagi manusia yang normal baik secara fisik maupun psikis, tetapi manusia yang memiliki kelainan fisik maupun psikis seperti penyandang disabilitas mental juga berhak mendapatkan pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini difokuskan untuk meneliti tujuan, materi dan metode dalam pelaksanan Pendidikan Agama Islam bagi penyandang cacat mental eks psikotik di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Martani Cilacap. Untuk mendapatkan data dan informasi tersebut peneliti menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data kemudian peneliti menyajikan data serta menganalisis hasil data dengan teknik Analysis Interactiv. Peneliti menemukan bahwa implementasi Pendidikan Agama Islam bagi penyandang cacat mental eks psikotik di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Martani Cilacap meliputi tiga komponen yaitu tujuan, materi dan metode. Tujuannya untuk menumbuhkan sikap religius dan memperbaiki akhlak penerima manfaat agar nantinya mereka bisa kembali menjalani kehidupan sosial bermasyarakat. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut sehingga materi yang disampaikan disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Materi yang disampaikan yaitu lebih terfokus pada materi ibadah, akhlak dan muamalah. Agar pembelajaran berjalan secara sistematis dan menarik maka instruktur menggunakan beberapa metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode hukuman dan pemberian hadiah, metode praktek dan metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Cacat Mental Eks Psikotik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Otik Priyana
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:53
Last Modified: 08 Sep 2021 06:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item