PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DI DESA SERAYU LARANGAN

Muhamad, Kholik (2021) PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DI DESA SERAYU LARANGAN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhamad Kholik_Pengembangan Ekonomi Kreatif dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan di Desa Serayu Larangan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di era perdagangan bebas saat ini, kemiskinan merupakan penyakit struktural. Desa merupakan salah satu ujung tombak pembangunan yang mampu menjadi talenta baru memacu daya saing daerah yang berujung pada perekonomian masyarakat yang lebih baik melalui ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan. Desa Serayu Larangan memiliki potensi Sumber daya memadai, baik alam maupun manusia yang memiliki kemampuan dalam berbagai bidang yang dapat dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Desa Serayu Larangan dalam memanfaatkan potensi desa sebagai upaya yang dilakukan dalam peningkatan kesejahteraan melalui Pasar Wisata Lohjinawi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam analisinya peneliti menggunakan uji keabsahan data dan teknik analisis data. Subjek penelitian ini adalah Kepala desa, Manajer Pasar Wisata Lohjinawi, pedagang, dan pengunjung. Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: Pertama, proses pengembangan ekonomi kreatif dilakukan dengan menganalisis potensi yang dimiiki Desa Serayu Larangan melalui tahap partisipasi dan inisiatif masyarakat, melakukan identifikasi masalah, potensi, kebutuhan serta merelisasikan melalui tindakan nyata dengan mendirikan Pasar Wisata Lohjinawi dengan segala aspek pengembangan ekonomi kreatif di dalamnya. Dalam upaya peningkatan kesejahteraan Pasar Wisata Lohjinawi dapat dilihat dari dua proses yaitu proses internal dan eksternal Pasar Wisata Lohjinawi sebagai bagian dari ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari tahap II hingga tahap III plus. Kedua, hasil dari aktivitas pengembangan ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat merubah kondisi masyarakat dengan; meningkatkan pendapatan, terpenuhinya kebutuhan primer, meningkatkan daya beli masyarakat, melestarikan kearifan lokal, timbulnya solidaritas yang tinggi, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ekonomi kreatif, kesejahteraan, dan Pasar Wisata Lohjinawi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.12 Struktur
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhamad Kholik sdr
Date Deposited: 06 Sep 2021 10:37
Last Modified: 06 Sep 2021 10:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item