PENGARUH MOTIVASI DAN ETOS MENGAJAR GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA di SMK SE-KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Hestri Hidayah, 1223301058 (2016) PENGARUH MOTIVASI DAN ETOS MENGAJAR GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA di SMK SE-KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB II__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
Hesti Hidayah__Pengaruh Motivasi dan Etos Mengajar Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi guru merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku guru dalam melaksanakan pekerjaan, tindakan atau kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan.Motivasi yang dilakukan oleh guru PAI Se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap adalah dengan memberikan hadiah, pujian, hukuman, dan lain sebagainya. Etos mengajar guru PAI adalah suatu semangat, sikap, karaktersistik, dan ketermapilan yang dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar, serta sikap mental yang dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam. Etos mengajar yang dilakukan oleh guru PAI se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, yaitu dengan hadir di sekolah tepat waktu, merasa senang setiap kali mengajar, istirahat hanya pada waktu jam istirahat, dan lain sebagainya. Motivasi dan etos mengajar guru PAI salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap guru, dengan adanya motivasi dan etos mengajar guru, guru dapat lebih mudah dalam mengelola kelas, menyampaikan materi, melakukan evaluasi, dan memberikan penilaian. Dalam hal ini, rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh motivasi guru PAI terhadap hasil belajar siswaSMK Se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, adakah pengaruh etos mengajar guru PAI terhadap hasil belajar siswaSMK Se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, serta adakah pengaruh motivasi dan etos mengajar guru PAI terhadap hasil belajar siswa SMK Se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswadi SMK Se-Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap, menganalisis pengaruh etos mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswadi SMK Se-Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap, dan menganalisis pengaruh motivasi dan etos mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar di SMK Se-Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain angket atau kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk teknik analisis data menggunakkan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa motivasi guru PAI SMK se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.Etos mengajar guru PAI SMK se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap berpengaruhpositif terhadap hasil belajar siswa. Motivasi dan etos mengajar guru PAI SMK se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi, etos mengajar, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:36
Last Modified: 14 Sep 2016 02:36
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item