KESABARAN KORBAN KEKERASAN ORANGTUA DALAM MEWUJUDKAN AKTUALISASI DIRI (STUDI KASUS TERHADAP J DI KELURAHAN BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA)

NANDA, DHARMAWAN (2021) KESABARAN KORBAN KEKERASAN ORANGTUA DALAM MEWUJUDKAN AKTUALISASI DIRI (STUDI KASUS TERHADAP J DI KELURAHAN BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengarang_Judul Nanda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TANPA DISADARI ORANGTUA PERNAH MELAKUKAN KEKERASAN PADA ANAK. SEHINGGA ANAK KORBAN KEKERASAN DI INDONESIA KIAN BERTAMBAH SETIAP TAHUNNYA. PADA DASARNYA SETIAP ANAK BERHAK MENDAPATKAN PERLINDUNGAN DIRI DARI TINDAKAN KEKERASAN. SEBAGIAN ORANGTUA TIDAK MENGETAHUI BAHWA ANAK MEMPUNYAI HAK DAN KEWAJIBAN.BERBAGAI BENTUK UCAPAN YANG BERTUJUAN MENYAKITI ANAK AKAN BERPENGARUHTERHADAP PSIKOLOGISNYA. TAPI, DALAM SEBUAH KEKERASAN TIDAK SEMUA ANAK MAMPU MENGHADAPI PERMASALAHAN YANG ANGAT BERAT INI DENGAN PENUH KESABARAN.ADA SEBAGIAN KECIL ANAK YANG BISA BERSABAR DALAM MENGHADAPI BENTUK KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANGTUA. KESABARAN INI MENJADI SEBUAH KUNCI DALAM MENGAKTUALISASIKAN DIRI MEREKA DALAM MENJAWAB PERMASALAHAN YANG MENIMPA DIRI SEORANG ANAK. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI TENTANG KESABARAN SESEORANG ANAK KORBAN KEKERASAN UNTUK MEWUJUDKAN AKTUALISASI IRI DALAM MENGGAPAI KESUKSESAN. KASUS YANG DIANGKAT PADA PENELITIAN INI DENGAN SUBJEKNYA ADALAH SEORANG ANAK DI KELURAHAN BANCARKEMBAR YANG MEMPUNYAI SIKAP BERBEDA DALAM MENGHADAPI KEKERASAN YANG DIALAMI OLEH DIRINYA. DIMANA SIKAP INI LEBIH MEMILIH BERSABAR DALAM MENGHADAPI PERLAKUAN BAPAKNYA YANG MELAKUKAN TINDAKAN KEKERASAN. SEHINGGA KESABARAN YANG DILAKUKANNYA DAPAT MEWUJUDKAN AKTUALISASI DIRI DALAM MENJALANI KARIRINYA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUALITATIF STUDI KASUS. DIMANA DALAM PENELITIAN KUALITATIF STUDI KASUS MEMUSATKAN PERHATIAN PADA SATU OBJEK TERTENTU YANG DIANGKAT SEBAGAI SEBUAH KASUS. UNTUK DIKAJI SECARA MENDALAM SEHINGGA MAMPU MELIHAT REALITAS DIBALIK FENOMENA YANG TERJADI DI MASYARAKAT. SEBAGAIMANA DALAM MEMPEROLEH DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF INI DIPEPEROLEH MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. SEDANGKAN METODE INI UNTUK MENGANALISIS DATA DAN MENGGUNAKAN LANGKAH REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA, DAN PENARIKAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKAN BAHWA KESABARAN SEORANG ANAK YANG MENJADI KORBAN KEKERASAN ORANGTUA DENGAN CARA AKTUALISASI DIRI DAPAT DILAKUKAN DENGAN BAIK. SEHINGGA DENGAN KESABARAN INILAH DAPAT MENJADIKANNYA SUKSES DALAM MENJALANI KARIR SESUAI KEHENDAKNYA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESABARAN, KORBAN KEKERASAN, AKTUALISASI DIRI
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nanda Rizky Dharmawan sdr
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:34
Last Modified: 14 Sep 2021 02:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item