ANALISIS PROSES PRODUKSI BUIS BETON PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UD. Agung Barokah desa Randegan Kebasen).

IRFANGI, 082323022 (2016) ANALISIS PROSES PRODUKSI BUIS BETON PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UD. Agung Barokah desa Randegan Kebasen). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
IRFANGI_082323022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

UD Agung Barokah merupakan pabrik yang memproduksi bahan bangunan berupa buis beton. Keberhasilan UD Agung Barokah dalam memproduksi produknya dengan kualitas yang baik tidak lepas dari proses produksi yang diterapkan, karena tanpa adanya proses produksi yang baik kemungkinan besar usaha tersebut tidak akan berjalan dengan lancar dan bahkan dapat mengalami kebangkrutan. Salah satu faktor suatu pabrik atau perusahaan bisa berkembang karena hasil produksinya yang berkualitas atau lebih baik dari pabrik yang lain. Dan faktor yang paling penting lainnya yaitu tentang faktor-faktor produksi yang ada dalam sebuah perusahaan tersebut. Karena, walaupun manajemennya baik tetapi dalam proses produksi yang buruk maka akan sangat berpengaruh pada penghasilan dan kemajuan perusahaan. Adapun keterkaitan penyusun untuk mengangkat penelitian di UD Agung Barokah Randegan yaitu karena UD Agung Barokah tersebut masih bisa bertahan dengan persaingan pangsa pasar yang terbilang sengit dan kemajuan di segala bidang baik dari penambahan peralatam, lancarnya produksi, dan banyak lainnya. Terkait hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang proses produksi buis beton berdasarkan tinjauan ekonomi Islam dengan judul “analisis proses produksi buis beton persepektif ekonomi islam studi pada UD Agung Barokah Randegan Kebasen”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian disajikan berdassarkan analisis. Dalam hal ini penyusun mendeskripsikan dan permasalahan pokok yang kemudian dianalisis berdasarkan perspektif Ekonomi Islam: 1. Mendeskripsikan tentang proses buis beton pada UD Agung Barokah Randegan Kebasen. 2. Mendeskripsikan dan mengklarifikasi tentang analisis SWOT UD Agung Barokah Randegan Kebasen. Hasil penelitian ini pertama adalah proses produksi yang digunakan UD Agung Barokah Randegan Kebasen adalah proses produksi yang sudah memiliki standar kualitas tersendiri. Kedua analisis UD Agung Barokah Randegan Kebasen: 1. Kekuatan: Memiliki sistem manajemen yang tergolong relatif kuat, UD Agung Barokah Randegan Kebasen merupakan salah satu UMKM yang cukup potensial di desa Randegan. 2. Kelemahan: banyanya usaha sejenis yang bermunculan sehingga persaingan yang semakin besar. 3. Peluang: UD Agung Barokah sudah berdiri cukup lama sehingga memiliki banyak konsumen. 4. Ancaman: Cuaca atau iklim, yaitu saat musim penghujan proses produksi sedikit terganggu. Kata kunci: Proses, Produksi, Buis Beton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:01
Last Modified: 08 Jun 2016 01:01
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item