UPAYA PERLAMBATAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA POTENSIAL DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA "SUDAGARAN" BANYUMAS

Hermawan, Gunawan (2021) UPAYA PERLAMBATAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA POTENSIAL DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA "SUDAGARAN" BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HERMAWAN GUNAWAN_ UPAYA PERLAMBATAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA POTENSIAL DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (PPSLU) SUDAGARAN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Populasi lanjut usia di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan. Selama kurun waktu hampir lima dekade (1971-2019),persentase penduduk lansia Indonesia meningkat sekitar dua kali lipat. Pada tahun 2019, persentase lansia mencapai 9,60 persenatau sekitar 25,64 juta orang. Kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia sedang bertransisi menuju ke arah penuaan penduduk positif terhadap pembangunan nasional. Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia dalam membina serta mengatur kebijakan yang dapat memberikan dampak kepada para Lansia agar mereka tidak menjadi salah satu komponen yang dapat menghambat laju pertumbuhan dan perekonomian suatu negara. Tantangan yang dihadapi adalah agar mereka para lansia dapat untuk mempertahankan kesehatan mental, kesehatan fisik, kesehatan sosial, kemandirian serta kelangsungan hidup agar tidak menjadi beban bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan bahkan suatu negara. Salah satu masalah yang dihadapi oleh para lansia adalah penuaan. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para lanjut usia potensial (lansia potensial) adalah demensia. Untuk menghambat laju demensia perlu adanya bantuan orang lain ataupun lembaga yang berkompeten untuk membantu mereka untuk merawat diri sendiri dan juga dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Adapun salah satu lembaga untuk membantu masalah pada lanjut usia potensial adalah Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) “Sudagaran” Banyumas yang berupaya menghambat proses demensia para lanjut usia potensial. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu subjek pengelola PPSLU Sudagaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa PPSLU “Sudagaran” berupaya menghambat demensia lanjut usia potensial melalui program-program pemenuhan fisik, psikis, sosial dan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demensia, Lanjut Usia Potensial, PPSLU Sudagaran.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.6 Service to Person in Late Adulthood (Lansia)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdr Hermawan Gunawan
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:08
Last Modified: 06 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item