IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS PADA LINGKUNGAN SEKOLAH

MUHAMMAD, NUR ROFIK (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS PADA LINGKUNGAN SEKOLAH. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Rofik_IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS PADA LINGKUNGAN SEKOLAH.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang majemuk, di dalamnya terdapat bermacam -macam agama, suku, ras, budaya dan bahasa. Keberagaman tersebut yang melatarbelakangi Indonesia memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda - beda namun tetap satu jua. Salah satu dari dampak negatif dari perkembangan zaman dan juga kemajuan teknologi adalah mudahnya doktrin -doktrin radikalisme keagamaan yang berujung kepada intoleransi. Tidak adanya rasa keingintahuan mencari kebenaran terhadap ilmu keagamaan yang didapatkan melalui media elektronik kepada ahlinya seperti Kyai, Ustadz, dan Guru Agama maka orang akan semakin terjerumus kepada pemahaman yang keliru dan berujung terhadap sikap fanatisme/radikal. Melihat fenomena ini lembaga pemangku kebijakan keagamaan dalam hal ini adalah Kementerian Agama harus tanggap dalam pencegahan penyebaran paham radikalisme ini dengan melakukan program - program moderasi beragama kepada para pelajar di sekolah sehingga output yang dihasilkan berupa bertumbuhnya sikap toleransi, saling menghargai, dan moderat. Oleh karena itu tesis ini akan mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Moderasi Beragama di Kementerian Agama Kabupaten Banyumas pada lingkungan Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif. Selain itu penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, serta triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Banyumas memiliki peran dalam mengimplementasikan moderasi beragama di sekolah. Peran - peran tersebuat adalah: Kementerian Agama Kabupaten Banyumas sebagai Pembina Guru PAI, Pembina Ekstrakulikuler Keagamaan, Pengampu Guru PAI, dan Pengawas Guru PAI. Selain itu, dalam mengimplementasikan program moderasi beragama di sekolah Kementerian Agama juga bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Kementerian Agama, Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Moderasi Beragama, Kementerian Agama, Guru Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.01 Filsafat, teori Aqaid dan ilmu kalam
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Nur Rofik sdr
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:59
Last Modified: 06 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item