MENJAGA EKOSISTEM ALAM DALAM AL-QUR’AN STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH

Asep, Nur Alim (2021) MENJAGA EKOSISTEM ALAM DALAM AL-QUR’AN STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asep Nur Alim_Menjaga Ekosistem Alam dalam Al-Qur'an studi Penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Krisis lingkungan merupakan masalah gelobal universal yang seharusnya menjadi perhatian khusus dan fokus bagi masyarakat saat ini. Banyak ilmu dan teori yang membahas tentang pelestarian ekosistem alam dan lingkungan yang seharusnya dapat dipraktekan dalam kehidupan. Selain hadirnya ilmu sains tentang menjaga dan melestarian ekosistem alam, penafsiran al-Qur’an juga berupaya untuk menawarkan solusi atas masalah krisis lingkungan juga dirasa sangat penting untuk memunculkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah krisis lingkungan secara moral spiritual. Banyaknya mufassir yang sudah menyumbangkan karya tafsirnya dalam dunia Islam telah menambah khazanah keilmuan, tidak luput salah-satu mufassir asal Indonesia yaitu M Quraish Shihab dengan kitab tafsirnya Al-Misbah. Tafsir ini memiliki ciri mempunyai corak sastra budaya dan kemasyarakatan (al-adabi al-ijtimai), yaitu corak tafsir yang menjelaskan ayat-ayat al-Quran berdasarkan ketelitian ungkapan yang disusun dengan bahasa yang lugas dengan menekankan tujuan pokok diturunkannya al-Quran, lalu mengaplikasikannya dalam tatanan sosial, seperti pemecahan masalah-masalah umat islam dan bangsa pada umumnya. Penelitian ini berupaya menemukan solusi atas permasalahan lingkungan saat ini yang ditawarkan al-Qur’an menurut penafsiran M Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan 1) Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah tentang ayat-ayat menjaga ekosistem alam; 2) Bagaimana relevansi prnafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat menjaga ekosistem alam dalam konteks sekarang. Jenis penelitian ini adalah library research. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskrptif-analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an khususnya tentang menjaga ekosistem alam, M. Quraish Shihab menjelaskan makna ayat dengan bahasa yang lugas dan menekankan tujuan pokok diturunkannya al-Qur’an. Kedua, Allah SWT maha kuasa yang telah menciptakan langit, bumi dan segala isinya. Juga telah mengatur ekosistem alam sesuai dengan maksud dan tujuan diciptakannya. Allah yang mengatur dan mengawasi apa yang ada di bumi, termasuk kepemimpinan manusia di bumi yang bertanggung jawab atas mengelola, menjaga dan melestarikan alam. Ketiga, penafsiran M. Quraish Shihab tentang menjaga ekosistem alam dalam tafsir al-Misbah masih relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Nilai-nilai dan hikmah atas penjelasannya dapat diterapkan masyarakan dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem alam. Solusi yang di berikan M. Quraish Shihab dalam penafsirannya ada dua yaitu menjaga ekosistem alam secara moral spiritual (keimanan dan ketaqwaan), menjaga ekosistem alam secara intelektual (sadar lingkungan). Kata kunci: Ekosistem alam, Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem alam, Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Asep Nur Alim sdr
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:30
Last Modified: 01 Sep 2021 08:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item