KARAKTER RELIGIUS PADA BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013

Mare, Fathurrohman (2021) KARAKTER RELIGIUS PADA BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARE FATHURROHMAN_KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD MI KURIKULUM 2013 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di tengah-tengah krisis tingkah laku generasi bangsa yang sedang terjadi, pembentukan karakter menjadi penting untuk dilakukan. Sejak 2016 pemerintah dalam hal ini berupaya membuat program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan. Penguatan ini dapat dilakukan salah satunya dengan menanamkan nilai karakter religius dalam buku teks siswa sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius yang terdapat pada buku teks tematik siswa. Buku teks siswa yang dianalisa adalah buku teks tematik kelas IV untuk SD/MI edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Adapun yang dianalisa adalah karakter religius yang terdapat pada setiap pelajaran yang ada di dalam buku teks siswa yang terdiri dari sembilan tema. Karakter religius yang terdapat pada buku teks siswa kelas IV kurikulum 2013 edisi revisi terbitan kemendikbud tahun 2017 menunjukkan pada tiga hal, yakni menerima ajaran agama, menjalankan ajaran agama, dan menghargai ajaran agama yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga karakter religius yang harus dikuasi anak. Pertama, menerima ajaran agama; dimana peserta didik dikondisikan untuk meyakini segala ciptaan Tuhan dan bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhannya. Kedua, menjalankan ajaran agama; dimana anak dikondisikan untuk berdoa, beribadah, berperilaku baik dan sopan, membiasakan mengucap terima kasih dan memohon maaf jika melakukan kesalahan, serta merawat alam atau lingkungan. Ketiga, menghargai ajaran agama yang lainnya; dimana peserta didik dikondisikan untuk menghargai orang lain, menghargai suku, bangsa, agama, dan hidup berdampingan di tengah keberagaman. Kemduian, penyajian karakter religius dalam buku teks tematik kelas IV SD/MI kurikulum 2013 disajikan secara eksplisit dalam rumusan kegiatan belajar yang diturunkan pada kalimat pernyataan, penugasan, maupun materi berbentuk cerita. Kata Kunci: karakter religius, buku teks siswa, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter religius, buku teks siswa, kurikulum 2013.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 809 Literary history and criticism
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mare Fathurrohman sdr
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:21
Last Modified: 01 Sep 2021 08:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item