PERAN ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA MI MAARIF NU KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

AMELIA, RAHMAWATI (2021) PERAN ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA MI MAARIF NU KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMELIA RAHMAWATI PERAN ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA MI MAARIF NU KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Orang Tua Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Belajar Siswa MI Maarif NU Karangasem Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Alasan Peneliti ingin membahas masalah ini karena kurangnya kontrol orang tua di rumah terhadap kegiatan belajar anak, sebagian besar orang tua sibuk dengan pekerjaanya masing-masing,Orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada guru,sehingga menyebabkan pendidikan anak mereka kurang kontrol, Orang tua belum berperan aktif dalam mendukung belajar anak di sekolah, anak jarang mengerjakan tugas sekolah Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana peranan orang tua siswa yang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar, bagaimana peranan orang tua siswa yang kurang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi siswa belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik yang berprestasi dan yang kurang berprestasi Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di kelas III,IV,V dengan subyek 6 siswa dan 6 orang tua siswa. Sampel penelitian terdiri dari enam siswa dan enam orang tua siswa kelas III IV dan V MI Ma’arif NU Karangasem, Penentuan subyek penelitian ini di ambil dari hasil prestasi atau juara kelas. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi, sangat memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta waktu yang cukup untuk anak-anaknya, Subyek kedua peran orang tua yang kurang berprestasi memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar siswa,dan subyek yang ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan adanya perhatian,hadiah, hukuman, menyediakan keperluan sekolah dan seta waktu yang cukup untuk anak.kurang berprestasi di karenakan pemanjaan yang berlebihan,kekhawaitran yang luar biasa dan kurangnya rasa sayang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amelia Rahmawati sdri
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:59
Last Modified: 30 Aug 2021 01:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item