PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES

Amalia, Nurbaiti (2021) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMALIA NURBAITI_PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter peduli sosial sangatlah penting untuk diterapkan sejak usia dini. Karakter peduli sosial ini mudah disampaikan dalam sebuah film animasi yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan karakter anak. Maka dari itu, penting untuk menelaah karakter peduli sosial yang terdapat dalam sebuah film animasi Diva The Series dan relevansi pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series dengan perkembangan pendidikan karakter sehingga dapat ditemukan kesesuaian film dengan tingkat perkembangan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pendidikan karakter peduli sosial dalam film animasi Diva The Series dan relevansi pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series dengan perkembangan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Peneliti akan menganalisis isi dari film animasi Diva The Series sebagai sumber data dalam meneliti pendidikan karakter peduli sosial dan relevansi pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series dengan perkembangan pendidikan karakter.. Hasil dari penelitian yang telah ditemukan yaitu: Pertama, Pendidikan Karakter peduli sosial di dalam film animasi Diva The Series terdiri atas: (a) peduli sosial empati yaitu peduli sosial kaitannya dengan sikap seseorang yang seolah-olah merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, (b) pedulii sosial kerjasama yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan upaya yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu, (c) peduli sosial tolong menolong yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan perilaku menolong orang lain yang membutuhkan bantuan tanpa mengharapkan imbalan. Dari pendidikan karakter peduli sosial yang ada di dalam film animasi Diva The Series, anak usia dini perlu diajarkan hal demikian. Kedua, pendidikan karakter peduli sosial yang terdapat dalam film animasi Diva The Series relevan dengan perkembangan pendidikan karakter sekarang. Karena seiring dengan semakin lunturnya karakter generasi bangsa, maka dari itu, sangat diperlukan penanaman karakter peduli sosial kepada anak sejak usia dini agar mereka memiliki karakter yang baik dan memiliki bekal untuk hidup bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Kata kunci: Karakter Peduli Sosial, Film Animasi, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli Sosial, Film Animasi, Anak Usia Dini
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Amalia Nurbaiti
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:46
Last Modified: 01 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item