PERSEPSI REMAJA MILENIAL TERHADAP SIKAP ADIL ORANG TUA KEPADA ANAK (Studi Kasus di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas)

Ririn Nur Indah, Permata Sari (2021) PERSEPSI REMAJA MILENIAL TERHADAP SIKAP ADIL ORANG TUA KEPADA ANAK (Studi Kasus di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIRIN NUR INDAH PERMATA SARI_PERSEPSI REMAJA MILENIAL TERHADAP SIKAP ADIL ORANG TUA KEPADA ANAK MENURUT HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi remaja secara kognitif mulai mencoba berfikir secara kritis serta terburu-buru dalam menyimpulkan sikap yang diberikan oleh orang tua. Anak diusia remaja seringkali merasa orang tuanya berlaku tidak adil dan diskriminasi. Seperti halnya remaja di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas yang menganggap orang tuanya lebih menyayangi saudara kandungnya, hal ini sangat menarik untuk diteliti, karena hal ini seringkali menjadi pemicu masalah dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi remaja milenial terhadap sikap adil orang tua di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas dan mengetahui persepsi remaja milenial terhadap sikap adil orang tua menurut Hukum Keluarga Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yakni untuk mengetahui secara intensif bagaimana persepsi remaja di Desa Sirau, kec. Kemranjen, Kab. Banyumas terhadap sikap adil orang tua. Sumberdata terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer disini adalah remaja desa sirau yang memiliki saudara kandung dan memiliki rentan usia 13-20 tahun. Sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber berupa buku-buku atau makalah dan artikel yang memiliki relevansi dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi remaja milenial terhadap sikap adil orang tua di Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas yang menganggap bahwa orang tua mereka tidak adil, tidak sepenuhnya tepat. Hal itu dapat dilihat dari sikap mereka yang terlalu cepat menilai dan memaknai sikap yang diberikan orang tuanya tanpa mereka ketahui alasannya. Persepsi anak tidak sesuai dengan nilai-nilai Hukum Keluarga Islam, karena sikap adil orang tua terhadap anak tidak selalu harus sama rata, adil dapat dikatakan sama dalam hal orang tua memberikan hibah kepada anak. Oleh karena itu sikap orang tua di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas terhadap anaknya sudah dapat dikatakan adil, karena orang tua telah memberikan semua hak terhadap anak-anaknya. Dari hasil data-data yang diperoleh juga dapat menunjukan bahwa tidak adanya perilaku orang tua yang mendiskriminasi terhadap anak. Kata Kunci: Persepsi, Remaja Milenial, Sikap Adil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Remaja Milenial, Sikap Adil.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ririn Nur Indah sdr
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:07
Last Modified: 28 Aug 2021 03:07
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item