Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu (Studi Kelompok Wanita Tani (KWT) Di Dusun Katel Klawu Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga)

Ena, Nesiana (2021) Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu (Studi Kelompok Wanita Tani (KWT) Di Dusun Katel Klawu Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ena Nesiana_Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu (Studi Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani Di Dusun Katel Klawu Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan kemiskinan tersebar disegala penjuru di Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dari berbagai sektor salah satunya sektor pertanian. Wadah yang dapat memberikan kesempatan untuk kaum perempuan dalam rangka berpartisipasi untuk memajukan sektor pertanian adalah Kelompok Wanita Tani (KWT). Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani merupakan suatu bentuk pemberdayaan perempuan di Desa Pengalusan dalam bidang pertanian melalui pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana upaya pemberdayaan perempuan melalui pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu. Tujuannya adalah mengetahui upaya pemberdayaan perempuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani melalui pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu di Dusun Katel Klawu Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pihak yang dijadikan subyek penelitian adalah pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani Desa Pengalusan. Sedangkan obyek penelitian ini adalah pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani melalui pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu. dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu proses pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani melalui pengembangan Agroeduwisata Katel Klawu terdapat tiga tahapan yang dilalui. Pertama, tahap penyadaran yaitu pemberian motivasi dan pembinana. Kedua, tahap transformasi yaitu melalui pemberian pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, tahap pengayaan yaitu melalui pengembangan potensi dan keterampilan. Kemudian unsur-unsur dalam pengembangan Agroeduwisata yaitu attractions, facilities, infrastructure, transportation, dan hospitality. Dalam pengembangan agroeduwisata melalui sumber daya manusia, promosi, sumber daya alam dan lingkungan, dukungan sarana dan prasarana serta kelembagaan. Kata kunci : Pemberdayaan Perempuan, Kelompok Wanita Tani, Agroeduwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Kelompok Wanita Tani, Agroeduwisata.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.64 Organisasi Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ena Nesiana sdri
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:05
Last Modified: 28 Aug 2021 03:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item