METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PENGALUSAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Nur, Salfiatika (2021) METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PENGALUSAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Nur_Salfiatika_Revisi.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Metode peningkatan kemampuan literasi awal merupakan cara yang digunakan oleh guru yang dilakukan secara terpikirkan dengan baik-baik yang dilakukan secara teratur dalam proses untuk meningkatkan litersi awal yaitu pengetahuan dalam membaca dan pengetahuan menulis pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode-metode peningkatan kemampuan literasi awal anak usia dini di TK Pertiwi Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Di mana yang menjadi objek penelitian pada penelitian ini adalah metode-metode yang digunakan untuk peningkatan kemampuan literasi awal anak usia dini, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan anak usia dini yaitu peserta didik di TK Pertiwi Pengalusan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada empat metode yang digunakan di TK Pertiwi Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalinga untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia dini dalam pengetahuan membaca yaitu metode mendongeng, metode bernyanyi, metode dengan bantuan media big book, metode dengan bantuan media papan flanel. Kemudian ada satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia dini dalam pengetahuan menulis yaitu metode meniru tulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi, Mendongeng, Bernyanyi, Big Book, Papan Flanel, Meniru Tulisan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Salfiatika
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:12
Last Modified: 28 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item