KONSEP TAFSIR DAN TAKWIL MENURUT QURAISH SHIHAB (PENAFSIRAN AYAT-AYAT TAFSIR DAN TAKWIL DALAM TAFSIR AL-MISBAH

Tiara, Sangadatunnisa (2021) KONSEP TAFSIR DAN TAKWIL MENURUT QURAISH SHIHAB (PENAFSIRAN AYAT-AYAT TAFSIR DAN TAKWIL DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustala.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tiara Sangadatunnisa_KONSEP TAFSIR DAN TAKWIL MENURUT QURAISH SHIHAB (Penafsiran Ayat-Ayat Tafsir dan Takwil dalam Tafsir Al-Misbah).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Term tafsir dan takwil sudah menjadi perdebatan sejak lama di kalangan para ulama terkait posisi keduanya sebagai metode dalam penafsiran. Ada yang menyamakan, ada yang membedakan. Ada ulama yang membolehkan takwil, ada juga yang melarangnya. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk mengetahui secara mendalam bagaimana Quraish Shihab mengartikan kedua term tersebut serta penerapannya dalam kitab Tafsir Al-Misbah. Peneliti menggunakan teori Hermeneutika Hans George Gadamer. Dalam Hermeneutika Gadamer, peneliti menggunakan Teori Fusion of Horizons atau Penggabungan Horizon. Dalam teori ini penafsir harus bisa menggabungkan serta mengkomunikasikan antara horizon teks dan pembaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil data-data dari berbagai literatur (library research). Dari penelitian ini hasil yang ditemukan adalah tafsir dalam pandangan Quraish Shihab dipahami sebagai penjelasan tentang ayat-ayat Al-Qur’an dan lafalnya yang saling menjelaskan satu sama lain dengan tetap melibatkan konteks ayat. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah menerapkan konsep ini dengan menjelaskan satu ayat dengan ayat yang lain serta lafal satu dengan lafal yang lain. Takwil menurut Quraish Shihab adalah penjelasan sesuatu yang tersirat yang tak terwujud dalam kata dengan mengembalikan makna kepada makna yang bukan semestinya dengan syarat harus memiliki indikator kebahasaan dan logika yang sesuai. Dalam penerapan konsep takwil, dapat diklasifikan menjadi dua. Pertama, takwil yang dapat digunakan dalam menjelaskan kata, bahasa, kalimat yaitu dengan cara memalingkan makna kata atau dengan penjelasan teori ilmiah sains. Kedua, takwil yang berkaitan dengan fenomena, salah satunya fenomena dibalik turunnya surah Al-Qur’an. Penulis berpendapat takwil yang berkaitan dengan fenomena ini bisa diterapkan dalam menakwilkan Al-Qur’an dan non Al-Qur’an, sehingga dikenal dengan adanya takwil mimpi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tafsir, Takwil, Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Tiara Sangadatunnisa sdri
Date Deposited: 25 Aug 2021 21:39
Last Modified: 25 Aug 2021 21:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item