PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH RIYDLATUL ‘UQUL (MISRU) DANASRI NUSAWUNGU CILACAP

UmniyatalMubarokah, 1123301198 (2016) PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH RIYDLATUL ‘UQUL (MISRU) DANASRI NUSAWUNGU CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
UMNIYATAL MUBAROKAH__PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH RIYADLATU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan siswa merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Dengan kata lain, kedisiplinan adalah sikap menaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan tanpa pamrih. Disamping mengandung arti taat dan patuh pada peraturan, disiplin juga mengandung arti kepada peraturan perintah pemimpin, perhatian, dan kontrol yang kuat terhadap penggunaan waktu, tanggungjawab gatas tugas yang diamanahkan, serta kesungguhan terhadap bidang keahlian yang ditekuni. Islam mengajarkan agar benar-benar memperhatikan dan mengaplikasikan nilai-nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. Penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Riyadlatul ‘Uqul (MISRU) Danasri Nusawungu Cilacap yang merupakan Madrasah dengan tingkat kedisiplinan yang. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kedisiplinan pada siswa pada setiap tahunnya. Untuk permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukan dalam penanaman kedisiplinan pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Riyadlatul ‘Uqul (MISRU) Danasri Nusawungu Cilacap Penelitian yang akan penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan atau menggambarkan kondisi yang ada di lokasi penelitian yaitu tentang pelaksanaan penanaman kedisiplinan pada siswa melalui pembiasaan shalat dhuha. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan siswa melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi Dari analisis yang penulislakukandapatdisimpulkanbahwaupaya-upaya yang dialkukandalampenanamankedisiplinanpadasiswaadalahdenganpembiasaan, keteladanandanpengawasan.AdapunFaktorpendukungpelaksanaanupaya-upayapenanamankedisiplinanpadasiswa diMadrasah IbtidaiyahSalafiyahRiyadlatul ‘Uqul (MISRU) DanasriNusawunguCilacap, yaitu: motivasidari guru, kesadaran yang tinggidalamdirisiswa, adanyafasilitas yang mencukupi, dantersedianyatransportasiantar-jemputsiswa, terciptanyalingkungan yang kondusif, danadanyapengaruhdarikelompok. Kata kunci :kedisiplinansiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 13 Sep 2016 03:46
Last Modified: 13 Sep 2016 03:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item