EVALUASI PROGRAM OUTINGCLASS DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 3 BANJARANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Anggita Nindya, Rinasih (2021) EVALUASI PROGRAM OUTINGCLASS DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 3 BANJARANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGITA NINDYA RINASIH_EVALUASI PROGRAM OUTINGCLASS DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 3 BANJARANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini sangat fundamental bagi pertumbuhan dan perkembangan diri pada anak. Tujuan pendidikan anak usia dini adalah pembinaan mental, fisik, rohani, pengetahuan dan pengalaman pada anak. Salah satu program yang dapat mendukung pencapaian tujuan tersebut adalah program outingclass dimana anak dapat mengkonstruksi pengetahuannya berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari lingkungannya. RA Muslimat NU Masyithoh 03 Banjaranyar melaksanakan program outingclass sejak tahun 2016 hingga saat ini 2021. Karena sudah berjalan cukup lama dan menjadi program unggulan maka perlu dievaluasi dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan program outingclass yang meliputi aspek context, input, process and product. Penelitian ini berjenis evaluatif yaitu untuk mengetahui ketercapain tujuan dari program yang dilaksanakan. Menggunakan penyajian data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (Context Input Process and Product). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan adalah triangulasi berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program outingclass yang dilaksanakan di RA Muslimat NU Masyithoh 3 Banjaranyar terdiri dari: Pertama, komponen evaluasi context menunjukkan adanya pemenuhan kebutuhan dan situasi pada pelaksanaan program outingclass, dan tercapainya tujuan program. Kedua, komponen evaluasi input, menunjukkan adanya identifikasi mengenai penyelenggaraan program dan penilaian kemampuan sumberdaya yang dimiliki dalam mendukung pelaksanaan program. Ketiga, komponen evaluasi process, menunjukkan adanya pemenuhan aspek-aspek proses yaitu subjek yang mengikuti kegiatan, jenis kegiatan dan jadwal pelaksanaan yang sudah tersusun dengan baik. Keempat, komponen evaluasi product, dari program outingclass di RA Muslimat NU Masyithoh 03 Banjaranyar telah diupayakan dengan maksimal dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dan orangtua/wali peserta didik, peserta didik mencapai indikator yang diharapkan pada pelaksanaan program sesuai dengan standar penilaian harian pada kurikulum, dan mencapai tujuan program sekaligus tujuan dari RA Muslimat NU Masyithoh 03 Banjaranyar, serta terpenuhinya kebutuhan peserta didik selama program outingclass berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Outingclass, Evaluasi model CIPP
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anggita Nindya Rinasih
Date Deposited: 23 Aug 2021 10:45
Last Modified: 23 Aug 2021 10:45
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item