PERAN KYAI SYAKIRUN DALAM ISLAMISASI MELALUI MEDIA WAYANG KULIT DI DUSUN KALIKULU, DESA TIPAR, KECAMATAN RAWALO, KABUPATEN BANYUMAS(1998-2016)

ISTIQOMATUL, DZIKRIYAH (2021) PERAN KYAI SYAKIRUN DALAM ISLAMISASI MELALUI MEDIA WAYANG KULIT DI DUSUN KALIKULU, DESA TIPAR, KECAMATAN RAWALO, KABUPATEN BANYUMAS(1998-2016). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISTIQOMATUL DZIKRIYAH_PERAN KYAI SYAKIRUN DALAM ISLAMISASI MELALUI MEDIA WAYANG KULIT DI DUSUN KALIKULU DESA TIPAR KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS (1998-2016).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran Kyai Syakirun dalam menyebarkan agama Islam menggunakan media Wayang kulit mempunyai metode yang cukup menarik. Setiap penyampaian pesan dalam memainkan gerak-gerak wayang oleh Kyai Syakirun sangat bermakna terutama dalam segi agama, sosial dan budaya. Dalam hal ini menjadikan bahwa setiap gerak-gerak wayang mempunyai pesan yang positif. Karena nilai-nilai Islam dan penerapan yang digunakan Kyai Syakirun lebih mudah ditangkap masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan suatu penelitian secara langsung dengan mendatangi lokasi penelitian guna mengamati dan mencari data. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik atau pengumpulan sumber, verifikasi atau kritik sumber, interpretasi dan Historiografi/penulisan sejarah. Tujuan penelitian ini antara lain: pertama, Untuk menguraikan proses Kyai Syakirun dalam menyebarkan Islam di Dusun Kalikulu, Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas menggunakan wayang kulit pada tahun 1998-2016. Kedua, untuk memaparkan pengaruh dan hambatan Kyai Syakirun dalam menyebarkan Islam di Tipar, Rawalo, Banyumas menggunakan wayang kulit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori relevansi budaya dan agama. Hasil penelitian ini yaitu Kyai Syakirun menyebarkan agama Islam menggunakan wayang kulit dibagi beberapa periode. Periode tahun 1998-2001, periode 2002-2007, periode 2008-2012, periode 2013-2016. Kyai Syakirun yang menyebarkan agama Islam di lingkungan yang mayoritas kejawen, Kyai Syakirun dalam menyebarkan agama Islam memiliki beberapa faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung lingkungan sudah menerima adanya agama Islam. Sedangkan faktor penghambatnya dusun ini tempat yang terpencil dan kurangnya pemahaman agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wayang Kulit, Agama islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.73 Seni Rupa
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Istiqomatu Dzikriyah sdri
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:09
Last Modified: 23 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item