KONSEP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM SURAT AL-HASYR AYAT 18-19 MENURUT KITAB TAFSIR AL-MARAGHI, TAFSIR IBNU KATSIR, DAN TAFSIR AL-MISBAH

Murti, Sofiroh (2021) KONSEP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM SURAT AL-HASYR AYAT 18-19 MENURUT KITAB TAFSIR AL-MARAGHI, TAFSIR IBNU KATSIR, DAN TAFSIR AL-MISBAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi full Murti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang dilewati oleh semua orang di dunia ini. Pembelajaran menjadi sarana manusia dapat mengerti berbagai hal. Untuk mengetahui suatu tingkat keberhasilan dalam pembelajaran maka evaluasi menjadi tolak ukurnya. Evaluasi juga merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran. Antara evaluasi dan pembelajaran mempunyai kaitan yang erat. Salah satu bagian dari evaluasi yang penting yaitu evaluasi diri. Dimana seseorang harus melihat pada dirinya terlebih dahulu untuk dapat melihat hal lain. Penelitian ini berfokus pada konsep evaluasi pembelajaran dalam surat al-hasyr ayat 18-19 menurut kitab Tafsir Al-Maraghi, Ibnu Katsir, Dan Tafsir Al-Misbah. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka (library research). Data yang dikumpulkan serta disajikan dalam bentuk kalimat naratif. Data yang diperoleh dilakukan dengan menggali data dari sumber primer yaitu Kitab Tafsir Al-Maraghi dan terjemahnya, Kitab Tafsir Ibnu Katsir dan terjemahnya, serta Kitab Tafsir Al-Misbah. Dan dari sumber skunder seperti buku-buku, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian: konsep evaluasi pembelajaran dalam Tafsir Al-Maraghi yaitu: evaluasi diri, landasan evaluasi, tujuan evaluasi, kegiatan tindak lanjut evaluasi, dan hikmah melakukan evaluasi yaitu sifat mawas diri dan tidak lupa kepada Allah. Dalam Tafsir Ibnu Katsir konsep evaluasi pembelajaran yang ada yaitu: evaluasi diri, tujuan evalausi, landasan evaluasi, dan hikmah melakukan evaluasi yaitu sifat mawas diri dan tidak melupakan Allah. Kemudian dalam Tafsir Al-Misbah konsep evaluasi pembelajaran yang diperoleh yaitu: evaluasi diri, landasan evaluasi, tujuan evaluasi, perencanaan, prinsip evaluasi, kegiatan tindak lanjut evaluasi, dan hikmah melaksanakan evaluasi yaitu sifat mawas diri dan tidak melupakan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kitab Tafsir, Surat AL-Hasyr.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murti Sofiroh sdr
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:18
Last Modified: 23 Aug 2021 04:18
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10997

Actions (login required)

View Item View Item