PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI NURUL HUDA ARGOPENI AYAH KEBUMEN

ARMIYATUL, LUKOYAH (2021) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI NURUL HUDA ARGOPENI AYAH KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARMIYATUL LUKOYAH_PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI NURUL HUDA ARGOPENO AYAH KEBUMEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rasul yang terakhir sekaligus sebagai mukjizat-mukjizat yang lain. Melindungi kerhormatan, kesucian serta kehormatan Al-Qur’an dengan membacanya dengan benar sesuai kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid merupakan suatu perbuatan untuk mewujudkan kesempurnaan dalam membaca Al-Qur’an. Metode An-Nahdliyah merupakan salah satu metode membaca Al-Qur’an bercirikan ke NU-an yang menggunakan ketukan stik atau tuding agar panjang pendeknya sesuai dengan tajwid. Berdasarkan latar belakang maka permasalahan yang diangkat penulis yaitu “Bagaimana Penerapan Metode An-.Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MI Nurul Huda Argopeni Ayah kebumen?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MI Nurul Huda Argopeni Ayah Kebumen. obyek penelitian ini penulis fokuskan pada penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian ini ditujukan untuk menyajikan data dan menganalisis data sesuai dengan apa yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan metode induktif yaitu analisis yang diperoleh dengan langkah-langkah yang pertama reduksi data, kedua peyajian data dan ketiga verifikasi. Hasil dari penelitian mengenai penerapan metode An-Nahdliyah jilid 1-6 dan Program Sorogan Al-Qur’an (PSQ) di MI Nurul Huda Argopeni Ayah kebumen ada 3 tahapan yaitu tahap persiapan pembelajaran, tahap kegiatan belajar mengajar menggunakan metode An-Nahdliyah dan tahap evaluasi. Dalam penerapan metode An-Nahdliyah dapat dinilai berhasil berdasarkan bentuk kegiatan yang diselenggarakan diluar kegiatan pembelajaran Al-Qur’an secara rutin yaitu praktek sholat duha dan hafalan juz 30. Praktek sholat duha dilaksanakan setiap hari pada waktu istirahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nahdliyah, MI Nurul Huda Argopeni dan Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Armiyatul Lukoyah sdr
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:08
Last Modified: 26 Aug 2021 07:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item