MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ASRAMA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI PURBALINGGA

Isfi, Ismianingsih (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ASRAMA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BASTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISFI ISMIANINGSIH_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas diperlukan adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangat diperlukan sebagai upaya dalam membentuk peserta didik agar dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya. Kemendikbud merumuskan 18 nilai-nilai pendidikan karakter, salah satu nilai-nilai pendidikan karakter tersebut yaitu nilai religious. Religious dalam pendidikan berarti sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajara agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Untuk dapat membentuk karakter peserta didik yang religious, salah satunya dengan mengadakan system sekolah berasrama atau dikenal dengan boarding school. Dengan system boarding school lebih memungkinkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal. Untuk dapat membentuk karakter siswa yang berkualitas maka perlu adanya manajemen pendidikan karakter sebagai tata cara pengelolaan dan penataan dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan karakter dilalui dengan aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang sistematis agar tujuan tercapai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan tercermin dalam dua kegiatan, yaitu kegiatan keseharian dan system pendidikannya. Kedua, pengorganisasian terintegrasi dalam manajemen secara umum, yakni berupa pembentukkan struktur organisasi dan pembagian tugas staff/pamong asrama. Ketiga, pelaksanaan manajemen pendidikan karakter terealisasi melalui kegiatan rutin yang sudah terjadwalkan. Keempat, pengawasan dilakukan oleh pihak sekolah dan pihak asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan karakter, sekolah berbasis asrama.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Isfi Ismianingsih sdri
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:57
Last Modified: 19 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item