IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Habibah, Nazilah (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HABIBAH NAZILAH_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemic covid-19 disebut juga pembelajaran daring (dalam jaringan). Daring adalah pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dan teknologi seperti multimedia, video, audio visual, kelas virtual, pesan suara, telepon atau video sreaming online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran matematika pada kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19 kelas IV MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah peneliti deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas IV, siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: implementasi model pembelajaran matematika pada kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19 kelas IV MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas telah diwujudkan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, media pembelajaran serta materi yang akan disampaikan. Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran, inti pembelajaran dilakukan pada pembelajaran daring dan luring. Pada pembelajaran yang dilakukan di masa pandemic covid-19 guru menerapkan strategi pembelajaran true or false dan menerapkan beberapa model pembelajaran pada saat pembelajaran matematika. Kegiatan pembelajaran dilakukan guru mengutamakan penilaian kognitif (pengetahuan) siswa melalui hasil mengerjakan latihan soal di LKS, dan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Habibah Nazilah
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:54
Last Modified: 19 Aug 2021 03:54
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item