KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JATILAWANG BANYUMAS

Dewi, Febriani (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JATILAWANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEWI FEBRIANI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JATILAWANG BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya pendidikan, maka dapat menciptakan sumber daya manusia yang memiliki daya potensi, dan dapat menjadi faktor utama yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Sehingga, diperlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk mewujudkannya salah satunya, yaitu guru. Untuk melaksanakannya guru harus memiliki landasan berupa kompetensi tertentu, khususnya di dalam proses pembelajaran. Kompetensi tersebut yaitu, kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, sekolah berusaha untuk mengimplementasikan hal tersebut yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas II B dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Jatilawang Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II B, dan peserta didik kelas II B. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, untuk analisis data menggunakan teknik pengumpulan data dari Miles dan Huberman dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Jatilawang Banyumas memiliki beragam komponen-komponen pedagogik sesuai dengan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, yaitu menguasai karakteristik peserta didik (guru dapat memahami karakteristik peserta didik dari beberapa aspek), menguasai teori dan prinsip pembelajaran (pembelajaran di tengah pandemi menggunakan strategi, teknik dan model pembelajaran daring), mengembangkan kurikulum (guru membuat silabus, membuat RPP sesuai dengan pedoman penyusunan RPP), menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik (dengan memberikan tugas-tugas yang mendidik, ulangan harian, dan penilaian akhir tahun), memanfaatkan TIK (menggunakan handphone sebagai sarana proses pembelajaran), pengembangan potensi peserta didiki (tugas keterampilan, seperti menggambar dan membuat video), berkomunikasi dengan peserta didik (di grup whatsapp paguyuban kelas II B), menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar (dengan membuat soal untuk tugas dan ulangan), memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi (diadakan pengayaan dan remidial), melakukan tindakan reflektif (guru meninjau kembali proses pembelajaran yang telah dilakukan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Tematik, SD Negeri 1 Jatilawang Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Dewi Febriani
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:11
Last Modified: 18 Aug 2021 03:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item