EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas)

Warni, Yuliatun (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WARNI YULIATUN-EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program keluarga berencana merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Program ini berada dalam dalam naungan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang menemiliki tugas dan fungsi untuk mengatasi masalah kependudukan melalui pengendalian penduduk agar terwujud keluarga sejahtera dan bahagia guna menghasilkan generasi tangguh di masa datang. Dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia juga memiliki peran guna mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui efektivitas program keluarga berencana dalam mewujudkan keluarga sakinah perspektif surat KMA No. 3 Tahun 1999. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif-sosiologis. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah wawancara dan angket dari akseptor KB Desa Pageralang. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dengan jalan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa program keluarga berencana di Desa Pageralang, Kecamatan Kemrajen, Kabupaten Banyumas telah sesuai dengan aturan pemerintah pemerintah dan syariat Islam. Dengan upaya program KB di Desa Pageralang ini, menariknya juga ada korelasi dengan konsep keluarga sakinah yang termuat dalam KMA Nomor 3 tahun 1999 tentang Pembinaan Gerakan Keluarga Sakinah. Peningkatan untuk menjadi keluarga sakinah yang lebih baik. Terlihat ada kemajuan dalam hal keagamaan, ekonomi, keaktifan dalm kegaitan masyarakat dan sosial keagamaan, keharmonisan keluarga, dan tidak ppernah melakukan tindak kriminal ataupun aktivitas prostitusi dan perjudian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Berencana, Akseptor Keluarga Berencana, Keluarga Sakinah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: WARNI YULIATUN sdri
Date Deposited: 16 Aug 2021 23:25
Last Modified: 16 Aug 2021 23:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item