MANAJEMEN PROGRAM STUDENT CREATIVITY WEEK (SCW) DI SMA BINA PUTERA-KOPO

Syehabudin, Syehabudin (2021) MANAJEMEN PROGRAM STUDENT CREATIVITY WEEK (SCW) DI SMA BINA PUTERA-KOPO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
null-Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia akan menghadapi tantangan hidup sesuai dengan kondisi pada zamannya, dan setiap zaman memiliki tantangan yang berbeda. Tugas dari sekolah adalah menyiapkan siswanya untuk dapat hidup di zamannya, menyiapkan siswanya untuk dapat hidup mandiri, dan tidak mudah berputus asa ketika menghadapi permasalahan yang lebih kompleks. Dalam menjawab hal ini, SMA Bina Putera-Kopo melalui program Student Creativity Week (SCW) menangkap permasalahan tersebut. Program ini dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen program Student Creativity Week (SCW) di SMA Bina Putera-Kopo dalam memberikan metode pembelajaran yang khas berbasis aktivitas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik ananlisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan beberapa subyek seperti kepala sekolah, guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa manajemen program student creativity week (SCW); 1) Bertujuan untuk menyediakan wahana bagi siswa untuk berkreasi sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. 2) Sudah sesuai dengan tahapan dan fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) Manajemen program SCW telah memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak pihak, mulai dari siswa, masyarakat dan pendidikan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari manajemen program SCW diantaranya komitmen stakeholder sekolah dalam menjalankan manajemen program SCW sangat baik, sedangkan faktor penghambat dari program SCW ini yaitu hakikat konsep belajar yang belum dapat dipahami oleh guru dan siswa, serta biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk program ini cukup banyak dan lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Student Creativity Week (SCW)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SYEHABUDIN SYEHABUDIN
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:16
Last Modified: 24 Aug 2021 20:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item