IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INTEGRATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI JAWA TENGAH DI PURBALINGGA

Sugi, Rahmadani (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INTEGRATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI JAWA TENGAH DI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sugi Rahmadani_Implementasi Pembelajaran PAI Integratif Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK N JATENG di Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang pelaksanaannya dilakukan sesuai ajaran agama islam. Pendidikan Agama Islam penting dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional dengan harapan menjadikan manusia muslim yang berkembang dalam keimanan, ketakwaan, berbangsa dan bernegara. Sayangnya, dalam kehidupan nyata pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum berjalan secara maksimal karena prosesnya yang kurang menarik, maupun kemampuan dan wawasan guru PAI yang kurang luas sehingga sulit berintegrasi baik secara interdisiplin atau multidisiplin. Padahal kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif juga sangat penting sebagai bekal anak menghadapi keberagaman masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri Jawa Tengah Purbalingga dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PAI, pamong asrama putra dan putri, siswa, hingga alumni SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga. Penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles & Hubermen yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam integratif yang dilaksanakan selama masa Pandemi COVID-19 di SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga baik lewat simulasi tatap muka maupaun daring. Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam integratif dikelas formal maupaun non formal dalam lingkungan SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga. Model yang dilakukan selama proses pembelajaran adalah model terhubung (Connected) yang terlihat baik di kelas formal maupun non formal dengan menghubungkan antara satu topik PAI dengan berbagai aspek dalam PAI seperti fikih, akhlak dan sebagainya. Selain itu juga model integrated dalam kelas formal dengan menyangkutpautkan antara materi satu dengan materi lain yang bersinggungan secara multidisiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Integratif, Pandemi COVID-19
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suci Ramadani sdri
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:51
Last Modified: 23 Aug 2021 03:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item