PEMBERDAYAAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TERHADAP MASJID SABILUL HUDA GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS)

Dina, Purnamaningsih (2021) PEMBERDAYAAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TERHADAP MASJID SABILUL HUDA GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dina Purnamaningsih_PEMBERDAYAAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TERHADAP MASJID SABILUL HUDA GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan masjid yang semakin marak namun tidak disertai dengan kualitas pemberdayaan menjadikan masjid dirasa kurang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan kata lain kesadaran masyarakat terhadap masjid yang tidak hanya sebagai tempat untuk salat dan ibadah ritual tetapi juga sebagai pusat pendidikan Islam masih memprihatinkan. Oleh karena itu perlu adanya suntikan pembangit berupa pemberdayaan masjid khususnya pada aspek ‘Imārah (kemakmuran masjid). Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah mengetahui dan menganalisis bagaimana upaya pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan Islam di Masjid Sabilul Huda Gumelar Lor Tambak Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Pendekatan bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verification. Dengan metode yang digunakan, penelitian ini menunjukkan bahwa di Masjid Sabilul Huda Gumelar Lor Tambak Banyumas telah menunjukan adanya pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan Islam yaitu dengan adanya pengadaan kegiatan kajian mulai dari kajian subuh, pengajian muslimatan, pengajian lapanan, pengajian peringatan hari besar Islam, kegiatan Ramadhan dan kajian remaja serta adanya rutinan pembacaan surat Al Waqi’ah dan tadarus Al Qur’an. Pemberdayaan tersebut didukung dengan adanya TPQ dan pondok pesantren di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, masjid, pendidikan Islam.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
200 Religion > 204 Special topics
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Dina Purnamaningsih
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:16
Last Modified: 13 Aug 2021 04:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item