MUHAMMADIYAH 4.0: MENGEMBANGKAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI SOCIAL ENTERPRISE DALAM PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN EKONOMI UMAT (Studi Kasus Pada Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja)

Danang, Prasetyo (2021) MUHAMMADIYAH 4.0: MENGEMBANGKAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI SOCIAL ENTERPRISE DALAM PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN EKONOMI UMAT (Studi Kasus Pada Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DANANG WAHYU PRASETYO_MUHAMMADIYAH 4 0 MENGEMBANGKAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI SOCIAL ENTERPRISE DALAM PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN EKONOMI UMAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Social enterprise merupakan organisasi yang menggunakan nilai-nilai bisnis dalam mengoptimalkan sistem yang terdiri dari faktor material dan nonmaterial untuk mengarahkan proses menuju tujuan akhir yaitu tujuan sosial. Tujuan dari pengembangan social enterprise diharapkan dapat menjalankan fungsi organisasi untuk pemberdayaan masyarakat guna terciptanya pengkatan sosial, ekonomi masyaraka. Pemberdayaan sosial dan ekonomi adalah proses pembangunan sumberdaya manusia atau masyarakat itu sendiri dalam bentuk penggalian kemampuan pribadi, kreatifitas, kompetensi, dan daya pikir serta tindakan yang lebih baik dari waktu sebelumnya dengan tujuan meningkatkan kehidupan sosial, ekonominya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) merupakan suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lokasi penelitian, suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif yang terjadi di lokasi tersebut. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi terdahulu. Penelitian ini mengggunakan metode analisis dekskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja dalam mendayagunakan amal usahanya dalam pemberdayaan ekonomi umat adalah dengan melaksanakan program pemberdayaan sosial dan ekonomi umat. Dalam pemberdayaan ekonomi Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja dapat meningkatkan motivasi dan inovasi masyarakat yang berimbas pada meningkatnya sosial dan ekonomi masyarakat. Pengembangan social enterprise yang dilakukan oleh Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Ranting Muhammadiyah Patikraja adalah dengan mengembangkan usaha yang dimiliki kedua organisasi tersebut seperti Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja, Penjualan Air Mineral TOYAMU. Dari usaha tersebut Ranting Muhammadiyah sidabowa dan Patikraja memperoleh penghasilan. Dengan adanya pemasukan dari usaha tersebut Ranting Muhammadiyah Sidabowa dan Patikraja mengalokasikan untuk kepentingan peningkatan sosial ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social EnterPrise, Pemberdayaan
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Danang Wahyu Prasetyo
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2021 04:29
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item View Item