UPAYA PEMERINTAH DESA SIKAMPUH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP DALAM MENANGANI KASUS PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN

Wiji Nur, Isneni (2021) UPAYA PEMERINTAH DESA SIKAMPUH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP DALAM MENANGANI KASUS PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIJI NUR ISNENI_UPAYA PEMERINTAH DESA SIKAMPUH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP DALAM MENANGANI KASUS PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perceraian pada prinsipnya merupakan suatu perkara yang dipersulit, dimana tujuannya untuk menjunjung tinggi hak perempuan serta melindungi dari ketidakadilan. Dengan demikian, diperolehnya hak perlindungan, perceraian harus dilaksanakan di muka persidangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, dalam kenyataanya, banyak perceraian khususnya di pedesaan yang terjadi di luar pengadilan atau yang sering disebut cerai bawah tangan. Permasalahan utama dari penelitian ini adalah bagaimana upaya pemerintah Desa Sikampuh dalam menangani kasus perceraian di bawah tangan. Jenis penelitian ini adalah Field Research yaitu penelitian yang objek utamanya adalah suatu kasus yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan dengan pokok pembahasan penelitian, selain itu juga dapat berupa gejala tertentu yang hanya meliputi daerah atau subjek yang sangat sempit tetapi memiliki sifat penelitian kasus yang lebih mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sampling atau sistem bola salju. Data primer diperoleh dari penelitian lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan sumber data primer melalui wawancara dengan masyarakat DesaSikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah masyarakat itu sendiri sedangkan objek penelitianya adalah berkaitan dengan talak/cerai dibawah tangan dan upaya pemerintah Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dalam menangani kasus tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pemerintah Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabulaten Cilacap telah melakukan beberapa upaya dalam menangani kasus perceraian di bawah tangan. Namun, upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa belum bisa menghentikan akan terjadi kembali perceraian di bawah tangan. Hal tersebut dikarenakan tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Sikampuh masih kurang dan sikap acuhnya terhadap pelaku maupun korban perceraian dibawah tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Penanganan perceraian Di Bawah Tangan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Wiji Nur Isneni sdri
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:35
Last Modified: 13 Aug 2021 00:35
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item