NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL JILBAB TRAVELER LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA

Fina, Martiya Devi (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL JILBAB TRAVELER LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fina Martiya Devi_Nilai Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea Karya Asma Nadia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya pendidikan manusia mampu mengembangkan nalar berfikir, meningkatkan taraf hidup manusia itu sendiri dan membantu orang lain sehingga menjadikan manusia yang lebih baik. Salah satu pendidikan yang paling penting saat ini adalah pendidikan akhlak. Yaitu pendidikan yang bertujuan untuk membina akhlak seseorang menjadi lebih baik lagi sesuai dengan ajaran Islam, yang nantinya menjadikan manusia memiliki akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pendidikan tidak hanya dilaksanakan di keluarga, sekolah dan masyarakat, tetapi dapat melalui media cetak, seperti novel. Salah satu novel yang mengandung pendidikan akhlak adalah novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea karya Asma Nadia. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai Nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea karya Asma Nadia yang nantinya bisa dijadikan sebagai contoh dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui pencarian referensi pustaka (library research), sedangkan metode yang digunakan dalam analisis ini adalah analisis isi (Content Analysis), yaitu dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan. Serta menggunakan pendekatan kajian teks yaitu hermeneutik objektif yaitu menafsirkan pikiran seseorang dalam kata-kata yang tertuang dalam teks. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea karya Asma Nadia yaitu meliputi perilaku Bersyukur, Sabar, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Berbakti Kepada Orang Tua, Istiqomah, Taat Kepada Allah SWT dan Menjauhi larangan-Nya, Iffah (Menjaga Kesucian Diri), Toleransi Beragama, Tolong-Menolong, Bersikap Ramah dan Sopan, Tawadhu (Rendah Hati), Percaya Kepada Allah SWT, Taat pada perintah Allah SWT, Menepati Janji, Kasih Sayang, Husnuzan, Ikhlas, Jujur, Pemaaf, Mengucap Salam, dan Bersholawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel, Jilbab Traveler Love Sparks In Korea, Asma Nadia
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 813 Fiction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fina Martiya sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:40
Last Modified: 12 Aug 2021 23:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item