PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DARING KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 BANYUMAS

Sofiah, Munfaatun (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DARING KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sofiah Munfaatun_Penerapan Pembelajaran Tematik Daring Kelas IIA Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa waktu yang lalu dikarenakan adanya wabah covid-19 yang melanda Indonesia dari awal tahun 2020 hingga saat ini, pemerintah menerbitkan aturan baru yang mewajibkan siswa untuk diliburkan beberapa waktu, namun tetap mendorong siswa untuk belajar dari rumah sehingga dalam beberapa bulan terakhir guru harus lebih cermat, interaktif dan kreatif dalam menyampaikan pembelajaran agar siswa tidak tertinggal dalam memahami pembelajaran. Salah satunya di MI Negeri 3 Banyumas kelas IIA, dimana proses pembelajaran siswa tetap berlangsung secara daring termasuk pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang memadukan beberapa kompetensi dasar dalam pembelajarannya, seperti memadukan beberapa muatan mata pelajaran dan dikemas dalam sebuah tema-tema pembelajaran dengan maksud memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini peneliti ingin menjelaskan mengenai 1) perencanaan penerapan pembelajaran tematik daring kelas IIA MI Negeri 3 Banyumas, 2) pelaksanaan penerapan pembelajaran tematik daring kelas IIA MI Negeri 3 Banyumas, 3) evaluasi penerapan pembelajaran tematik daring kelas IIA MI Negeri 3 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu penerapan pembelajaran tematik daring kelas IIA di MI Negeri 3 Banyumas meliputi perencanaan, penerapan, dan evaluasi. 1) Perencanaan merupakan kegiatan guru dalam menyusun RPP dan menyiapkan video pembelajaran. 2) Dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran daring dijalankan dengan baik oleh guru kelas IIA, hal ini dapat dilihat dari pengetahuan dan pemahaman guru kelas IIA mengenai pembelajaran melalui sistem daring serta seringnya guru dalam melakukan aktivitas pada whatsapp group, seperti meng-upload materi pembelajaran menggunakan video pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran. 3) Untuk evaluasi dilakukan dengan cara melihat respon siswa dalam memahami pembelajaran melalui pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Sofiah Munfaatun
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:25
Last Modified: 12 Aug 2021 23:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item